Sukses

Bengkulu Makin Menghadap ke Laut

Karena posisinya yang strategis, Pemerintah Bengkulu mencanangkan diri menjadi daerah poros maritim.

Liputan6.com, Bengkulu - Bengkulu yang terletak di bibir Samudra Hindia mendeklarasikan diri menjadi wilayah yang mengusung program utama sektor kemaritiman. Untuk itu, provinsi yang berjuluk Land of Raflesia itu akan menggelar Pekan Maritim pada 7 - 13 April 2016.

Kepala Bidang Informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Sri Hartika Tholib, mengatakan kegiatan utama dalam pekan maritim ini adalah pemecahan rekor MURI peluncuran rumpon merambah ikan selebar 14 meter.

Rumpon akan ditanam di kawasan Pulau Tikus. "Sebanyak 5.000 nelayan akan menggotong rumpon ini ke tengah Samudra Hindia," ujar Sri di Bengkulu, Rabu, 6 April 2016.

Kegiatan lain yang juga akan digelar adalah pelepasliaran anak lobster dan anak penyu (tukik), penanaman mangrove, serta peletakan bio reef tech atau tempurung yang dibenamkan di dasar laut sebagai upaya memancing pertumbuhan terumbu karang.

Para nelayan juga akan dilatih pembuatan kapal tradisional berbahan fiberglass dan seminar nasional bidang kemaritiman.

"Kita juga akan menggelar expo khusus bidang maritim selama sepekan penuh, ini dilakukan untuk mempertegas rencana Bengkulu sebagai poros maritim," kata Sri Hartika Tholib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini