Sukses

Dinas Tata Kota Tangsel Kembangkan Kota Masa Depan

Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangerang Selatan akan mengembangkan kota masa depan berbasis komunitas

Liputan6.com, Jakarta Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangerang Selatan akan mengembangkan kota masa depan berbasis komunitas. Rencananya, pengembangan akan dilakukan selama lima tahun ke depan dengan mengembangkan sembilan Situ dan dilewati lima sungai di Kota Tangsel.

Sekretaris Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangsel, Mukoddas Syuhada mengatakan, Situ dan Sungai di Tangerang Selatan memiliki potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan Eco City. Kawasan yang akan menjadi tempat beraktivitasnya warga kota ini, akan dibangun hutan kota dan taman kota, kampung-kampung eksisting ditata menjadi Kampung Eco Wisata Innovatif.

“Lahan-lahan tidur dijadikan pusat kegiatan kreativitas yang dikelola oleh komunitas dan disediakan juga pasar ekonomi kreatif untuk memasarkan hasil produk kreatifnya,” ujarnya.

Selain itu, transportasi sungai juga akan dibuat untuk menghubungkan kampung-kampung wisata. Sedangkan untuk pusat kota, akan dibuat pedestrian melayang untuk jalur pejalan kaki, disable dan pengguna sepeda. Pedestrian melayang ini pun akan dibuat nyaman dan aman seperti penggunaan lift/escalator untuk aksesnya, CCTV dan aplikasi tombol panik di handphone untuk keamanan serta vending machine untuk makanan dan minuman.

“Sedangkan untuk informasi update tata ruang, titik kemacetan, titik bencana, jalur evakuasi dibentuk skua Drone yang beroperasi di jam-jam yang telah direncanakan,” lanjut Mukoddas.

Beliau pun menuturkan jika kedepannya pelayanan publik akan bisa diakses dengan mudah dan disediakan fasilitas online untuk memotong waktu dan jalur birokrasi. Semuanya akan terhubung dengan suatu sistem teknologi informasi yang dipusatkan di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel.

Untuk mencegah banjir dan memenuhi kebutuhan air bersih, setiap kawasan dan taman akan dibuatkan sistem memanen air hujan dengan cara menyediakan tabung-tabung untuk menampung air yang disimpan di dalam tanah.

“Jadi, Kota Masa Depan Tangsel lima tahun kedepan adalah kota yang berbasis komunitas yang akan menggerak-kan perekonomian masyarakatnya dengan berbagai kreativitas dan nilai-nilai sosialnya sehingga Visi Misi Kota Tangsel dapat segera terwujud,” tandasnya.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.