Sukses

Aksi Berburu Ratusan Tikus di Lumbung Padi Sulsel

Sebelumnya, petani di Sidrap, Sulsel, biasa menanggulangi massa hama tikus sendiri.

Liputan6.com, Makassar - Sekelompok petani bersama personel Babinkantibmas berburu ratusan tikus yang selama ini menjadi hama pengganggu di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Kabupaten itu terkenal sebagai daerah lumbung padi Sulsel.

"Kegiatan itu dinamakan gerakan pengendalian tikus pada tanaman padi yang dilakukan di Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watu Sidenreng, Kabupaten Sidrap," kata Wakil Bupati Sidrap Dollah Mando via telepon, Rabu (23/3/2016).

Menurut Dollah, kegiatan itu dilakukan sebelum musim tanam berikutnya agar tanaman padi terhindar dari hama tikus. Dengan begitu, hasil panen bisa memuaskan.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di Kelurahan Sidenreng, yang merupakan salah satu kelurahan dari tiga wilayah yang ada di Kabupaten Sidrap," tutur dia.

Dollah mengatakan para petani sangat antusias dengan kegiatan tersebut karena merasa diperhatikan. Sebelumnya, petani biasa menanggulangi massa hama tikus sendiri.

"Tahun sebelumnya hanya dilakukan oleh petani sendiri," tutup Dollah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini