Sukses

Batik Langka Australia Ini Disimpan di Museum Kota Daeng

Pemberian batik yang unik yang disimpan di museum itu sebagai simbol peningkatan kerja sama Australia dan Pemerintah Kota Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop bersama Duta Besar (Dubes) Australia Paul Grigson mengaku puas melihat Museum Kota Makassar yang memajang Batik Yirrkala.

Batik Yirrkala adalah kain bermotoif khas Australia yang sangat langka dan unik karena desain batiknya berasal dari lukisan kulit pohon.

Secara historis, dalam rangkaian motif batik itu terdapat simbol yang melekat antara peradaban orang Makassar dan Australia. Selain itu, batik itu juga sangat menyakralkan gurita sebagai hewan yang penuh mistik.


"Ini kunjungan kehormatan Julie Bishop untuk membahas peningkatan kerja sama bidang perdagangan, pendidikan, dan seni budaya yang menurut sejarawan sudah berlangsung sejak 500 tahun lalu," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (22/3/2016).

Ia menyatakan, pemberian batik yang unik yang disimpan di museum itu sebagai simbol peningkatan kerja sama Australia dan Pemerintah Kota Makassar dalam segala bidang.

"Termasuk di dalamnya kerja sama di sektor pariwisata, bidang pendidikan, teknologi, budaya dan lainnya," ujar Ramdhan.

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, tercatat sekitar 2.000 mahasiswa Australia memanfaatkan beasiswa yang diberikan Indonesia. Di sisi lain, terdapat 17.000 warga Indonesia yang menjalani pendidikan di Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini