Sukses

Ini Makanan Khas untuk Menjamu Raja-raja Nusantara

Dewan Adat Kerajaan Tallo Makassar menyiapkan makanan khas ini untuk pertemuan raja-raja senusantara.

Liputan6.com, Makassar - Berbagai persiapan telah dilakukan Dewan Adat Kerajaan Tallo Makassar selaku tuan rumah pertemuan raja-raja se-nusantara yang akan digelar di Kota Makassar, 26 Maret 2016 mendatang.

Salah satunya mempersiapkan menu makanan tradisional yang biasa disantap masyarakat adat kerajaan Tallo yakni "Juku Kalotoro dan Pallu Mara". Makanan khas tersebut nantinya akan disajikan untuk para tamu termasuk untuk Presiden Joko Widodo.

"Selain tarian adat, kita perkenalkan berbagai macam makanan adat 4 suku di Sulsel dimana ada Suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Salah satu yang kita siapakan itu seperti Juku Kalotoro dan Juku Pallu Mara," kata Andi Djamal Kamaruddin Daeng Massiga, pengurus dewan adat nasional kerajaan Tallo Makassar, kepada Liputan6.com, Selasa (8/3/2016).

Dia menjelaskan Juku Kalotoro adalah ikan yang dikeringkan melalui proses pengasinan dengan garam. Jenis ikannya pun bisa beragam. Kenikmatan Juku Kalotoro berasa ketika disajikan dengan sambal terasi tumis yang juga dibuat dengan sentuhan adat.


"Ini termasuk masakan adat disini yang hingga saat ini selalu hadir menjadi makanan khas. Boleh dikatakan makanan ini nikmat dihidangkan kapan saja terlebih lagi di cuaca hujan tentu sungguh nikmat," kata Andi.

Sementara Pallu Mara adalah masakan khas yang dalam bahasa indonesia artinya masakan yang mendidih. Bahan dasar pembuatan Pallu mara adalah ikan bolu atau bandeng.

"Kalau orang bugis Makassar di perantauan itu selalu rindu kampung karena masakan ini. Pallu Mara sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat dan pendamping lalap mangga muda atau raca' taipa (mangga muda/mengkal yang di cacah halus)," jelas Andi Jamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini