Sukses

Gerhana Matahari Total, Balikpapan Diprediksi Cerah Berawan

Balikpapan menggelar pesta laut bertepatan dengan momentum gerhana matahari total melintasi Pulau Kalimantan 9 Maret besok.

Liputan6.com, Balikpapan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, Kalimantan Timur, memprediksi cuaca cerah berawan pada saat berlangsungnya gerhana matahari total (GMT) di Kota Beriman. Gerhana matahari total terjadi di Balikpapan mulai pukul 07.23 Wita hingga 09.53 Wita.

"Perkiraan kami cuacanya cerah berawan pagi hari Balikpapan," kata Kepala Kantor Badan Meteorologi Balikpapan Imam Mashudi di Balikpapan, Selasa (8/3/2016).

Imam sudah menghitung potensi pembentukan awan di langit Balikpapan berdasarkan laporan kondisi kelembaban daratan serta wilayah perairan laut Selat Makassar. Dia memperkirakan potensi terjadinya awan sebanyak 20 hingga 25 persen di langit Balikpapan.

Selain itu, Imam mengacu data laporan cuaca Balikpapan pada waktu yang sama tahun 2015. Saat itu laporan cuaca Balikpapan menunjukkan kondisinya memang juga cerah berawan.

"Pembentukan awan hujan kemungkinan terjadi pada sore hingga malam hari," papar dia.

Sehubungan itu, Imam memperkirakan masyarakat Balikpapan dapat menikmati sepuasnya fenomena alam gerhana matahari total nanti. Dia hanya mengimbau agar masyarakat mempersiapkan kacamata khusus gerhana matahari saat menonton terjadinya prosesnya esok hari.

Pemerintah Kota Balikpapan menggelar pesta laut bertepatan dengan momentum gerhana matahari total melintasi Pulau Kalimantan 9 Maret nanti. Fenomena alam gerhana matahari ini diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata yang sedang digalakkan Balikpapan.

Gerhana matahari total Balikpapan terjadi selama 3 menit sekitar pukul 07.30 hingga 08.00 Wita. Kota Balikpapan seluruhnya akan gelap gulita tertutup bayangan bulan yang tepat sejajar di antara Bumi dan Matahari.

Fenomena ini diyakini mengundang banyak wisatawan lokal maupun internasional mengunjungi Balikpapan. Balikpapan melibatkan pihak lain seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Asita Kaltim dan Dinas Pendidikan Balikpapan guna menyemarakkan momentum gerhana matahari di Balikpapan.

Pesta laut Pantai Manggar akan dilaksanakan kuliner tradisional asli Kalimantan berikut olahraga khas masyarakat lokal setempat. Rangkaian pesta laut ini juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka bersamaan waktunya dengan gerhana matahari total.

Gerhana matahari total pada 9 Maret besok dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini