Sukses

Terjaring Razia, 244 Orang Gila di Taman Kota Dirujuk ke RS Jiwa

Umumnya orang gila terjaring Dinas Sosial, yakni warga yang terlepas dari kontrol keluarganya.

Liputan6.com, Makassar - Dinas Sosial Makassar menjaring 244 penderita gangguan jiwa yang berkeliaran di taman-taman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Setelah terjaring razia, mereka dirujuk ke rumah sakit jiwa.

Mereka yang terjaring biasanya dinaikkan ke atas mobil patroli, lalu dibawa ke kantor Dinas Sosial Makassar di Jalan Arif Rachman Hakim.

"Sampai saat ini sudah 244 orang yang gangguan jiwa sudah kita rujuk ke rumah sakit jiwa, dan khusus gelandangan dan pengemis kita hanya data identitas mereka," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Andi Yunus kepada Liputan6.com, Selasa (8/3/2016).

Yunus mengungkapkan, umumnya orang gila yang terjaring Dinas Sosial, yakni warga Kota Makassar yang terlepas dari kontrol keluarganya, lalu berkeliaran di fasilitas umum seperti taman-taman kota.

"Hanya saja orang gila ini setelah kita amankan, mereka kita mandikan dulu. Lalu disuguhi makan dan minum. Selanjutnya diantar ke RS jiwa untuk dirujuk sebagai pasien. Dan tidak jarang anggota saya harus melakukan upaya persuasif, mereka berontak untuk dibawa di kantor hingga RS jiwa," ujar dia.

Ketua Komisi D Bidang Kesra Pendidikan dan Kesehatan DPRD Kota Makassar Mudzakkir Ali Djamil mengatakan, penertiban orang gangguan jiwa yang ditemukan di fasilitas umum sangat penting dilakukan secara berkala.

"Soalnya mereka ini mengganggu ketertiban umum di tempai ramai. Jadi memang sudah betul dan optimal upaya Dinsos," ujar Mudzakkir Ali Djamil.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini