Salat Gerhana Matahari di Bangka Tengah Bakal Dipimpin Ketum MUI

Oleh Liputan6 pada 07 Mar 2016, 04:37 WIB
Diperbarui 07 Mar 2016, 04:37 WIB
20160303-Gerhana-Matahari-Total-iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Gerhana Matahari Total (iStockphoto)

Liputan6.com, Bangka Tengah - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin akan bertindak sebagai imam salat gerhana saat terjadi gerhana matahari total (GMT) di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu pagi 9 Maret mendatang.

"Imam salat gerhana adalah Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dan jemaahnya tentu para pengunjung," ucap Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Muchlisin di Koba, seperti dikutip dari Antara, Senin (7/3/2016).

Ia menjelaskan, lokasi salat gerhana saat GMT berada di pinggir pantai di Desa Terentang III dengan panjang sekitar 4 kilometer.

"Diperkirakan jemaah yang ikut salat gerhana matahari mencapai ribuan orang, karena pengunjung sudah mulai berdatangan sejak Sabtu sore (5 Maret 2016)," ujar Muchlisin.

Dia menambahkan, lokasi untuk salat gerhana sudah dibersihkan dan disterilkan dari aktivitas manusia agar benar-benar bersih.

"Lokasinya sudah kami siapkan beberapa hari yang lalu, sekarang sudah bersih dan siap dipakai untuk tempat salat gerhana," ungkap Muchlisin.

Ia mengatakan pula, pemerintah daerah juga sudah mempersiapkan fasilitas pendukung lainnya. Termasuk kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total dan teleskop.

"Kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total kami siapkan sebanyak 5.500 unit dan sebanyak 10 unit teleskop," tutup Muchlisin

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya