Sukses

Kejadian Aneh di Makassar, Gangguan Dada Sesak dan Mata Pedih

Sejumlah warga di Makassar yang mengalami gangguan dada sesak dan mata pedih dievakuasi.

Liputan6.com, Makassar - Kejadian aneh menimpa beberapa warga Jalan Toa Daeng 3 Kelurahan Tello, Kecamatan Manggala, Makassar, Minggu (28/2/2016). Sejumlah warga yang tengah bersantai bersama keluarganya tiba-tiba merasakan matanya pedih dan dadanya sesak.

Gangguan pernafasan dan mata itu terjadi sejak pukul 12.00 Wita. Hingga berita ini diturunkan, belum dipastikan apa penyebabnya.

Arwan, Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) daerah setempat, juga merasakan hal aneh tersebut. Saat membantu warga di jalan Toa Daeng 3 memperbaiki rumahnya tiba-tiba matanya pedih dan dadanya sesak.

"Saya kira hanya saya yang alami ternyata hampir seluruh warga di jalan toa daeng juga mengalamo hal yang sama. Tidak tahu apa penyebabnya," kata Arwan kepada Liputan6.com di lokasi kejadian, Minggu (28/2/2016).

Warga merasa aneh, kata dia, karena sama sekali tak ada asap selama kejadian berlangsung. Dia menjauh dulu dari lokasi untuk menormalkan keadaan fisiknya.

"Rasanya itu pedis seperti obat kimia, dada sesak dibuatnya, sehingga saya memilih agak jauh dari lokasi. Saya obati mata saya dan setelah itu saya akan kembali lagi ke lokasi sebentar untuk memastikan apa penyebabnya," ujar Arwan.

Hal yang sama diungkapkan Lurah Batua Jufri Jamado, Kecamatan Manggala, Makassar. Lokasi kelurahannya bersebelahan dengan Kelurahan Tello.

"Saya dihubungi warga di sana dan informasinya begitu, beberapa warga mengalami hal yang sama di mana matanya terasa pedis dan pernafasannya terganggu secara tiba tiba," kata dia.

"Ini saya hendak ke lokasi dan menghubungi tenaga kesehatan untuk ke lokasi mengevakuasi warga."

Jufri mengakui hingga saat ini belum mengetahui apa yang menjadi penyebab sehingga kejadian tersebut menimpah warga di jalan Toa Daeng 3 Kecamatan Manggala tersebut.

"Saya tanya warga di sana via telepon serta ketua RT maupun RW juga mengakui belum mengetahui penyebab kejadian aneh ini dari mana," kata Jufri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini