Sukses

Ini Gebrakan Zumi Zola Demi Cegah Bencana Kabut Asap

Ide itu tercetus saat Zumi Zola masih menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur.

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola mulai menunjukkan tajinya. Usai menginspeksi sejumlah rumah sakit di Jambi, ia kini berencana membagikan eskavator di tiap kecamatan, khususnya yang sering terkena kebakaran lahan.

"Ini (bagi-bagi eskavator) sebagai langkah preventif (pencegahan) bencana kebakaran lahan di tanah gambut," ujar Zumi Zola di Jambi, Kamis (25/2/2016).

Dia menjelaskan alat berat itu berguna untuk membuat kanal pemutus api yang biasa dilakukan di kawasan gambut. Ia tidak ingin bencana kabut asap yang melanda Jambi tahun lalu terulang lagi pada 2016.

"Selain itu, Perda 2015 tentang larangan pembukaan lahan dengan cara membakar akan kami intensifkan lagi. Perlu sosialisasi agar seluruh masyarakat tahu," jelas Zola.

Zola menyatakan pembagian eskavator tiap kecamatan sudah dilakukannya saat menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Kabupaten Tanjabtim merupakan kampung halaman keluarga besar Zumi Zola.

Daerah itu menjadi daerah terluas di Jambi yang memiliki kawasan gambut. Total ada lebih dari 29 ribu hektare kawasan gambut di daerah itu. Kondisi tersebut menjadikan Tanjabtim rawan akan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana kabut asap 2015 lalu di Provinsi Jambi.

"1 Kecamatan 1 eskavator, itu artinya bebas asap. Kalau ini sukses, nantinya juga bakal dinilai nasional," ujar putra dari mantan Gubernur Jambi 2 periode, Zulkifli Nurdin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.