Sukses

Lewati Garut, Nama Tol Cileunyi-Tasikmalaya Diubah Jadi Cigatas

Alasan diubahnya nama tol tersebut lantaran adanya masukan dari Bupati dan masyarakat Garut.

Liputan6.com, Garut - Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya atau Tol Citas akan berganti nama menjadi Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya alias Cigatas. Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat M Guntoro.

"Sekarang namanya bukan Tol Citas lagi tapi Cigatas. Cileunyi-Garut-Tasikmalaya," ucap M Guntoro usai menggelar pertemuan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Senin (22/2/2016).

Guntoro menjelaskan alasan diubahnya nama jalan tol tersebut lantaran adanya masukan dari Bupati dan masyarakat Garut.

"Itu sudah kita akomodir (perubahan nama Tol Citas menjadi Tol Cigatas). Jadi itu ada masukan dari Pak Bupati Garut dan masyarakat juga protes, kenapa lewat Garut tapi namanya tidak dicantumkan," ujar dia.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan studi kelayakan (feasibility study atau FS) proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya sepanjang 70 kilometer bisa selesai pada Juni 2016.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa menyatakan pihaknya sudah menyelesaikan pra-studi kelayakan rencana pembangunan Tol Cileunyi-Tasikmalaya ini, sehingga Pemprov Jabar bisa melanjutkan studi kelayakan tol ini pada awal tahun ini agar bisa dimasukkan dalam jaringan jalan tol nasional.

"Kami harapkan feasibility study selesai pertengahan 2016. Dan kami sudah usulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk masuk ke dalam jaringan jalan tol nasional," imbuh Iwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.