Sukses

Banjir Meninggi, Kereta Rute Sidoarjo-Bangil Lumpuh Total

Ketinggian banjir yang menggenangi rel di KM 32+5 hingga KM 33+2, Porong, Sidoarjo, mencapai 56 cm.

Liputan6.com, Surabaya - Banjir di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, belum juga surut. Hujan deras yang mengguyur Sidoarjo sejak Jumat malam, 12 Februari 2016, berdampak pada terendamnya jalur lintasan kereta api yang berada di Porong.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VIII Surabaya Suprapto menjelaskan, ketinggian banjir yang menggenangi rel di KM 32+5 hingga KM 33+2, Tanggulangin, Porong sejak Sabtu pagi tadi semakin tinggi.

"Ketinggian air makin parah, dengan ketinggian air mencapai 56 cm dari kop rel. Dan hingga pukul 12.00 WIB tadi, posisi ketinggian air mencapai 60 cm dari kop rel," ucap Suprapto kepada Liputan6.com di kantornya, Jalan Gubeng Masjid, Jawa Timur, Sabtu (13/2/2016).
Surabaya


Selain itu, imbuh Suprapto, KAI Daops VIII Surabaya mengupayakan membuat tanggul di rel yang terendam air tersebut dengan menyediakan ratusan karung pasir.

"Untuk sementara hari ini target 800 karung pasir kita siapkan dan 6 gerbong berisi batu kricak," papar Suprapto.

Akibat banjir tersebut, jalur rel yang melintas Sidoarjo - Bangil lumpuh total.

Suprapto melanjutkan, menghadapi hal tersebut, kami pihak PT KAI Daop 8 Surabaya juga memberlakukan berbagai skema di dalam pengaturan perjalanan kereta api yang melintas di wilayah tersebut.

Pengaturan Perjalanan KA

Menurut dia, pengaturan tersebut antara lain ada perjalanan kereta api yang sebagian rutenya dibatalkan. Yakni, KA Penataran untuk rute Surabaya-Sidoarjo dibatalkan sehingga KA Penataran hanya berjalan dari Bangil-Blitar.

Lintasan kereta api di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, yang terendam banjir. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

KA Probowangi untuk rute Surabaya-Sidoarjo dibatalkan, sehingga KA Probowangi hanya berjalan dari Banyuwangi. Penumpang kereta api kemudian melanjutkan perjalanan dengan menumpang bus yang disiapkan.

"Di mana pada hari ini yang akan menggunakan skema ini di antaranya KA Mutiara Timur (relasi Surabaya-Banyuwangi) dari Surabaya-Bangil, begitupun sebaliknya, menggunakan bus," ungkap Suprapto.

Suprapto menambahkan, dari Bangil-Banyuwangi menggunakan kereta api. "Seperti itu skemanya."

Begitu pula untuk KA Bima relasi Malang-Surabaya-Jakarta. Penumpang dari Malang ke Surabaya maupun sebaliknya menumpang bus, lalu dari Surabaya ke Jakarta menggunakan kereta api.

"Dan untuk skenario KA Jayabaya (relasi Malang-Surabaya-Jakarta). Dari Malang ke Surabaya begitupun juga sebaliknya, menggunakan bus. Lalu, dari Surabaya ke Jakarta menggunakan kereta api," lanjut Suprapto.

Adapun perjalanan kereta api seperti KA Logawa relasi Jember-Purwokerto dan KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan dari Jember tidak menuju ke Surabaya. "Tapi langsung dari Jember-Bangil berbelok ke Malang-Kertosono-Jawa Tengah, begitupun sebaliknya," papar Suprapto.

Pada hari ini, PT KAI Daops VIII Surabaya juga telah menyiapkan 10 armada bus guna mendukung kelancaran arus penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.