Asrama Haji di Boyolali Akan Dijadikan Hotel

Oleh Liputan6 pada 28 Jan 2016, 23:50 WIB
Diperbarui 28 Jan 2016, 23:50 WIB
Ilustrasi kamar hotel
Perbesar
Ilustrasi kamar hotel. (Istimewa)

Liputan6.com, Boyolali - Sebagian bangunan di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, akan dijadikan hotel dengan berbagai fasilitas. Langkah itu untuk menambah pendapatan asli daerah di sektor pariwisata.

"Sebanyak 40 kamar VIP di Asrama Haji Donohudan akan dijadikan hotel bintang dua pada Februari 2016," kata Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Jawa Tengah Hendri Santosa di Semarang, seperti dilansir Antara, Kamis (28/1/2016).

Menurut dia, Asrama Haji Donohudan layak dijadikan hotel karena mempunyai berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan letaknya strategis.

Selain itu Asrama Haji Donohudan juga memiliki aula dan beberapa ruang pertemuan yang dapat menampung banyak orang serta areal parkir yang luas.

"Akses ke Asrama Haji Donohudan mudah dijangkau masyarakat dan dekat dengan Bandara Adi Soemarmo," ujarnya.

Hendri mengungkapkan bahwa selama 2015 Asrama Haji Donohudan menyumbangkan pendapatan asli daerah sebesar Rp5,8 miliar karena menjadi tempat embarkasi dan debarkasi jemaah haji tiap tahunnya.

Para pegawai yang saat ini bekerja dengan berbagai posisi di Asrama Haji Donohudan, kata dia, telah mendapat pelatihan agar dapat melayani para tamu yang menginap atau menyewa di puluhan kamar VIP.

"Pelatihan yang kami berikan tidak hanya menyangkut pelayanan tamu, tapi juga mengenai kebersihan serta penyajian makanan dan minuman," kata dia.

Masyarakat bisa menyewa kamar VIP di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dengan pemesanan dan pembayaran secara online.