Sukses

Hujan Deras Guyur Makassar, Satgas Banjir Berendam di Selokan

Satgas Banjir bentukan Pemerintah Kota Makassar turun ke sejumlah selokan untuk mengangkut tumpukan sampah.

Liputan6.com, Makassar - Hujan deras dua hari terakhir tak hentinya mengguyur Makassar hingga menyebabkan sejumlah ruas jalan protokol di Kota Makassar terendam banjir. Hal itu memaksa tim Satuan Tugas (Satgas) Banjir Pemerintah Kota Makassar berendam di sejumlah selokan untuk mengangkut tumpukan sampah.

Tumpukan sampah menghambat laju air yang debitnya meningkat drastis. Hal itu terlihat di daerah utara Kota Makassar, di antaranya di Jalan Nusantara, Jalan Tarakan, dan Jalan Kalimantan. Sepanjang jalan itu, air menggenang hingga 30 cm.


"Kami turun ke selokan, langsung mengecek pintu pembuangan air yang langsung ke laut. Ada beberapa tumpukan sampah yang kita bersihkan, agar arus air di selokan menuju keluarnya ke laut itu lancar," kata Camat Wajo Ansyar Kalam saat memantau Satgas Banjir Kecamatan Wajo di Jalan Nusantara Makassar, Jumat (22/1/2016).

Dalam pemantauan itu, Ansyar menemukan genangan air yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh sampah, tetapi juga karena pasangnya air laut. Ia berharap hujan berhenti sehingga arus air dapat lancar kembali.

"Air laut juga pasang sehingga tidak ada akses keluar malah meluap dan menggenangi sejumlah ruas jalan," ujar Ansyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.