Sukses

Libur Akhir Tahun, Hotline Bencana Disiagakan 24 Jam

Warga yang ingin bepergian diimbau untuk memberitahukan pengurus RT/RW atau petugas pengamanan untuk memudahkan pemantauan.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerjunkan 1.200 personel pengamanan untuk menjaga Surabaya tetap kondusif selama libur panjang akhir tahun ini.

Ribuan personel yang berasal dari sejumlah instansi itu akan bertugas memantau kondisi rumah dan tempat-tempat strategis lainnya yang ditinggalkan penghuninya.

Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Soemarno menyatakan pihaknya sudah menyampaikan surat imbauan jauh sebelum hari libur agar warga menghidupkan pengamanan swakarsa di tempat tinggal.

Bila ada warga yang ingin bepergian selama beberapa hari, diimbau untuk memberitahukan pengurus RT/RW atau petugas pengamanan untuk memudahkan petugas memantau situasi.

"Kami juga melaksanakan patroli kewilayahan bersama-sama dengan TNI/Polri. Lalu untuk siaga kebencanaan, semuanya dalam posisi siap baik personel maupun peralatannya," ujar Soemarno, Selasa, 22 Desember 2015.

Soemarno mewakili satuan pelaksana penanggulangan bencana (Satlak PB) Kota Surabaya mengimbau warga Surabaya untuk waspada bila terjadi hujan lebat yang diserta angin kencang.

"Jangan berteduh di bawah pohon maupun di bawah reklame. Cari tempat teduh yang betul-betul aman," dia mengingatkan.

Satlak PB juga siaga 24 jam bila ada warga yang dalam kondisi darurat dan membutuhkan bantuan. Warga bisa menyampaikan informasi langsung melalui kantor pemerintah di jajaran kelurahan, kecamatan hingga dinas pemerintah. Satlak juga menyiapkan saluran komunikasi yang aktif 24 jam.

"Silahkan telepon ke Satlak PB di nomor 112 atau ke (031) 535 1314. Atau bila sulit, telepon ke Bakesbangpol ke nomor (031) 5343000. Kalau ada alat komunikasi walkie talkie, bisa melalui chanel kami di jalur 5. Mau datang atau telepon, silakan. Kami stand by 24 jam," tutur Soemarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini