Sukses

Saraswati, Kala Ilmu Pengetahuan 'Diagungkan' di Bali

Jro menjelaskan, pada hari raya ini umumnya anak sekolah di Bali, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi meliburkan diri.

Liputan6.com, Denpasar - Umat Hindu Bali tengah merayakan Hari Raya Saraswati. Saraswati merupakan penghormatan terhadap ilmu pengetahuan yang dirayakan setiap 6 bulan sekali.

"Hari Raya Saraswati dirayakan tiap 6 bulan sekali," kata Jro, tokoh agama Denpasar kepada Liputan6.com, Minggu (29/11/2015).

Jro menjelaskan, pada hari raya ini umumnya anak sekolah di Bali, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi meliburkan diri. Tujuannya untuk menghormati Dewi Saraswati yang menurunkan ilmu pengetahuan.

(Liputan6.com/Dewi Divianta)

"Hari Raya Saraswati dirayakan tiap 6 bulan kalender Bali. Hari Raya Saraswati merupakan perayaan hari pendidikan atau ilmu pengetahuan," tegas dia.

Biasanya, pada Hari Raya Saraswati seluruh siswa diwajibkan menggelar persembahyangan, untuk berbagai hal yang berbau ilmu pengetahuan.

"Mulai buku, pensil, pulpen, tas, dan hal lain yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan disembahyangi," pungkas Jro. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini