Sineas Makassar Angkat Kisah Legenda Hantu Sumiati

Oleh Eka Hakim pada 06 Nov 2015, 16:56 WIB
Diperbarui 06 Nov 2015, 16:56 WIB
[Bintang] Ilustrasi penonton film
Perbesar
Ilustrasi bioskop Indonesia. Foto: via stepbystep.com

Liputan6.com, Makassar - Film horor "Sumiati" yang digarap sineas Makassar Syahrir Arsyad Dini akan tayang mulai 26 November di bioskop kota-kota besar di Indonesia. Antara lain Tangerang, Medan, Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, dan Kendari.

Syahrir mengatakan pihaknya memang tertarik mengangkat kisah legenda mistis di Indonesia. Pada film ini diangkat kisah mistis Sumiati versi cerita legenda di Makassar.

"Film ini menyajikan ketegangan, ketakutan, dan air mata," kata Syahrir di Makassar, Jumat (6/11/2015).

Publisher Film Sumiati, Wachyudi Muchsin, menambahkan bioskop yang menayangkan selain di Cinema XXI, juga di Blitz, Platinum, dan Cinemax. Sementara artis yang memerankan tokoh utama Sumiati adalah Dinda Surbakti.

"Meski bergenre horor, ada kisah cinta yang menyentuh dalam film ini. Ada pesan yang ingin disampaikan mengenai makna sebuah keikhlasan," ujar Wachyudi.

Sumiati dikenal sebagai anak yang patuh dan penurut pada orangtua. Suatu hari dara jelita ini dijodohkan dengan seorang pelaut dengan pesta meriah. Adat Bugis Makassar pun dilangsungkan.

Sumiati berjanji akan setia meski suami yang duduk di pelaminan adalah pria pilihan ibunya. Namun tiga hari setelah pesta pernikahan, ia diperkosa empat pemuda. Akhirnya Sumiati memilih bunuh diri demi harga diri.

Dari kisah yang beredar di masyarakat, legenda hantu Sumiati yang gentayangan sempat menggegerkan kota Makassar era 1960-1970an. Saat itu Makassar masih bernama Ujung Pandang. Legenda Sumiati masih banyak dibicarakan hingga era 1980an. (Hmb/Sss)