Sukses

Tim SAR Evakuasi 7 Pendaki Bermasalah di Gunung Bawakaraeng

Aryanto menghimbau para pendaki yang memperingati HUT Kemerdekaan RI senantiasa mengutamakan keselamatan diri.

Liputan6.com, Makassar - 7 Pendaki yang memperingati Hari Ulang tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan RI di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa dievakuasi tim SAR, Senin (17/8/2015).

Koordinator Lapangan Badan SAR Nasional (Basarnas) yang bertugas di Gunung Bawakaraeng Aryanto Ardi kepada Liputan6.com menyatakan, 7 pendaki terpaksa dievakuasi dari titik lokasi berbeda dengan berbagai alasan.‎

4 orang dievakuasi dari jalur pendakian di Tasosso Kabupaten Sinjai karena tersesat, 2 orang di jalur umum pendakian Gunung Bawakaraeng karena sakit asma dan luka di kaki, dan seorang pendaki dievakuasi dari lembah Ramma di kaki Gunung Bawakaraeng sebelah timur karena tergelincir.

Aryanto menghimbau para pendaki yang memperingati HUT Kemerdekaan RI senantiasa mengutamakan keselamatan diri. Persiapan matang seperti perlengkapan alat pendakian, siap fisik dan mental menjadi kewahiban yang harus dipenuhi pendaki.

"Serta yang utama ketersediaan bekal makanan dan tentunya tak lupa melapor ke posko pendataan agar dapat dipantau setiap saat, "tutur Aryanto. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini