Sukses

Perayaan Ekaristi di Makassar Diikuti Ribuan Umat Katolik

Tak hanya dari Makassar, acara tersebut juga dihadiri umat Katolik dari luar Pulau Sulawesi.

Liputan6.com, Makassar - Perayaan ekaristi pengangkatan Bunda Maria ke surga berlangsung khidmat dengan diikuti ribuan umat Katolik. Acara tersebut berlangsung di halaman sekolah menengah pertama (SMP) Katolik Rajawali Jalan Arief Rate No. 2 Makassar, Sabtu (15/8/2015).

Humas Kegiatan Perayaan Ekaristi, Hendrik Horas, mengungkapkan perayaan ekaristi hanya ada di kota Makassar. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun tepatnya pada 15 Agustus 2015.

Adapun para peserta yang ikut diakui oleh Hendrik tak hanya dari di Makassar, umat Katolik dari luar pulau Sulawesi juga turut hadir dalam perayaan tahunan ini.

Kegiatan sakral dalam perayaan ekaristi yakni pengarakan keliling patung Bunda Maria di antara seluruh jemaah yang hadir. "Acara ini berlangsung selama 2 jam, di mana puncaknya nanti, patung Bunda Maria akan diarak keliling dari jemaah ke jemaah," ujar Hendrik.

Umat Katolik di Makassar menghadiri perayaan Ekaristi. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Perayaan ekaristi digelar tak hanya bertujuan merayakan ‎peringatan diangkatnya Bunda Maria ke surga, juga dalam rangka penyambutan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tahunnya.

"Perayaannya juga digelar dalam rangka menyambut peringatan HUT ke 70 Kemerdekaan RI ini," ucap dia.

Salah seorang jemaah katolik, Toni (36) mengaku sudah 3 tahun mengikuti perayaan tersebut. Ia tak pernah absen bersama keluarganya.

"Ini peringatan suci bagi kami umat Katolik sehingga wajib mengikuti peringatan sakral ini yakni terkait peristiwa pengangkatan Bunda Maria ke surga," tukas Toni. (Ali/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.