Sukses

Anak-anak Panti Asuhan yang Menginspirasi Komunitas Young On Top

YOTShare adalah acara tahunan berbuka puasa bareng anak yatim yang diadakan oleh komunitas Young On Top Campus Ambassador (YOT CA).

Citizen6, Jakarta: YOTShare adalah acara tahunan berbuka puasa bareng anak yatim yang diadakan oleh komunitas Young On Top Campus Ambassador (YOT CA). Tahun ini YOTShare diadakan di Marquee Office gedung Cyber 2 Kuningan dengan mengajak 70 anak dari Panti Asuhan Akhiruzzaman Bekasi, pada 27 Juli kemarin.

YOTShare 2013 kali ini mengambil tema love, care and share. Sesuai tema yang diusung acara ini ingin mengajak berbagi cinta dan kepedulian pada anak-anak yang kurang beruntung.

Acara yang dimulai pukul 16.30 WIB ini diawali dengan penampilan dari YOT CA yang mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bermain bersama. Keceriaan pun terpancar di wajah mereka.

Usai bermain, Kak Eva salah, satu mentor dari Young on Top Campus Ambasador memberikan sedikit cerita tentang 'mimpi' pada anak-anak. Mereka terlihat sangat antusias. Di antara mereka ada yang bercita-cita menjadi guru, tentara, pilot, dan banyak lagi yang lainnya.

Usai kak Eva memberikan motivasi pada anak-anak, ada ustaz yang memberikan ceramah dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Pada kesempatan itu pula, seorang panitia yang bertugas membagikan konsumsi mengalami kejadian unik. Saat ia hendak membagikan makanan untuk berbuka kepada 3 anak yang kira-kira usianya baru 7 tahun, mereka menolak. Ketika di tanya kenapa, mereka menjawab, "Ingin salat dulu sebelum makan."

Sungguh anak-anak yang luar biasa, mereka mau mendahulukan ibadahnya daripada makan. Sungguh kejadian ini menampar kita semua. Anak sekecil mereka yang tidak punya apa-apa tapi mereka memiliki bekal keimanan yang luar biasa.

Hal lain yang bisa ditemukan dalam acara ini adalah kebersamaan antar umat beragama. Meskipun mereka memeluk agama yang berbeda-beda, para panitia YOTShare tetap bekerja sama dalam spirit berbagi yang kompak dan menjunjung tinggi toleransi beragama.

"Bahkan, saya sempat melihat teman saya yang nonmuslim mengantarkan Pak Ustaz ke tempat wudhu. Ini kejadian yang jarang saya temui," tutur Arista.

"Usai berbuka puasa dan sholat maghrib, anak-anak diajak menyanyi bersama lagu Aku Bisa dan Laskar Pelangi," ungkap Arista melanjutkan ceritanya. "Saya terharu mendengarkan anak-anak menyanyikan lagu tersebut dengan semangat. Semoga kelak anak-anak itu bisa menggapai mimpi-mimpi mereka."

Nuansa haru terus berlanjut saat anak-anak berpamitan dan menyuguhkan senyum termanis mereka karena mendapatkan tas dan alat sekolah. Acara yang turut di hadiri oleh Billy Boen sebagai founder Young On Top, para mentor YOT dan beberapa alumni YOTCA ini berakhir dengan sukses.

Ada satu pelajaran yang bisa diambil dari sini, berbagi tidak harus dengan materi, berbagi melalui kebersamaan dan keceriaan juga sangat berarti. (Arista/Mar)

Arista adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.