Cerita Lebaran dan Halal Bi Halal dari KBRI Roma Italia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 07 Mei 2022, 07:20 WIB
Diperbarui 07 Mei 2022, 07:20 WIB
Ilustrasi Ramadan di masjid
Perbesar
Ilustrasi Ramadan di masjid

Liputan6.com, Roma - Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Roma dilaksanakan secara sederhana.

KBRI Roma menggelar kegiatan Salat Idul Fitri pada 2 Mei 2022, mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat. Dalam kondisi pandemi COVID-19, kegiatan Salat Idul Fitri diikuti dengan silaturahmi dan halal bihalal yang dihadiri oleh keluarga besar KBRI Roma dan perwakilan masyarakat Indonesia dalam jumlah terbatas.

Salat Idul Fitri di KBRI Roma dipimpin oleh Imam, Kolonel Aminuddin Albek, Atase Pertahanan KBRI Roma dilanjutkan dengan Khutbah Idul Fitri oleh Khatib Bpk. Danang Waskito, Minister Counsellor / Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Roma.

Dalam khutbahnya, Khatib mengundang seluruh umat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan YME atas usainya momentum ibadah puasa Ramadhan yang telah mengijinkan umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui doa, zakat dan amalan baik.

Bulan penuh berkah tersebut pada akhirnya telah mengantarkan umat kepada Hari Kemenangan, Idul Fitri, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id, Sabtu (7/5/2022).

Khatib Danang Waskito juga menekankan pentingnya mengambil hikmah atau ibroh pada kondisi pandemi COVID-19 dalam kaitannya dengan makna bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, antara lain yaitu pandemi mengingatkan umat untuk selalu memperkuat ketakwaan, kesabaran, ketawakalan dan rasa penuh syukur.

Pandemi juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kepedulian sosial yang tinggi dan saling tolong-menolong dengan sesama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Situasi Pandemi COVID-19

sholat-kezo
Perbesar
Ilustrasi ramadhan

Seluruh nilai persaudaraan ini selaras dengan makna ibadah Ramadhan dan penguatan hubungan dengan sesama anggota masyarakat.

Dalam situasi dan kondisi pandemi global yang sudah semakin membaik dan kehidupan yang telah beranjak menuju normal, Khatib tidak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak untuk menjamin kebersihan dan kesehatan diri, keluarga serta lingkungan sekitar.

Seusai Salat, keluarga besar KBRI Roma dan wakil masyarakat melakukan Silaturahmi terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan.

Perayaan Idul Fitri yang sederhana di KBRI Roma telah menjaga semangat silaturahmi tanpa mengurangi hikmat kegiatan beribadah di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Italia.


KBRI Roma Gelar Acara Kajian Secara Daring Selama Bulan Ramadan 2021

Ilustrasi Ramadan. (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi Ramadan. (Pixabay)

KBRI Roma mengagendakan untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan Ramadhan tahun 2021 secara daring bertajuk "Rahmah" (Ramadhan Penuh Berkah). Kegiatan Rahmah ini dapat diikuti oleh seluruh WNI dan dispora Indonesia di negara akreditasi (Italia, Siprus, Malta dan San Marino) bahkan WNI di negara lainnya.

Terdapat beberapa kegiatan di dalam program Rahmah ini, antara lain: ceramah/ tausiyah "Kabari" (Kajian Bersama KBRI) setiap hari Senin, Rabu dan Kamis pukul 13.00 dan 15.00 waktu Italia bersama penceramah Ustad Saepulloh Darusmanwiati, Lc, M.A. 

Berbagai tema menarik telah disiapkan meliputi kajian fiqih, syariah, ibadah dan muamalah Muslim, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id.

Selain itu, kajian dan tadarus Al Quran secara daring untuk para muslimah juga akan diselenggarakan bekerja sama dengan DWP (Dharma Wanita Persatuan) KBRI Roma, yang akan berlangsung setiap Kamis sore. Selain itu, terdapat pula bimbingan belajar mengaji secara daring untuk anak, remaja dan dewasa setiap hari Sabtu bekerjasama dengan organisasi Iqra Italia.

Selanjutnya KBRI Roma juga berencana untuk menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran secara daring dan pelaksanaaan Sholat Idul Fitri 1442 H dengan peserta terbatas jika situasinya memungkinkan.


WN Indonesia Bisa Kembali Halal Bi Halal di KBRI Antananarivo Madagaskar

Ilustrasi puasa, Ramadan, Islami
Perbesar
Ilustrasi puasa, Ramadan, Islami

Dalam rangka merayakan Idul Fitri 1443, bertempat di KBRI Antananarivo dan Wisma Indonesia-Ivato, keluarga besar KBRI Antananarivo menyelenggarakan salat Idul Fitri dan Halal Bi Halal yang dihadiri oleh segenap masyarakat Indonesia di Madagaskar pada tanggal 2 Mei 2022.

Kegiatan halal bi halal ini diadakan kembali secara tatap muka setelah 3 tahun akibat pandemi Covid-19, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id.

"Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat dipertemukan pada halal bi halal Idul Fitri 1433 H di Wisma Indonesia-Ivato untuk merayakan kemenangan dan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam di Dunia” ujar Benny yan Pieter Siahaan, selaku Kepala Perwakilan Indonesia di Antananarivo.

Guna menjaga kehidmatan kegiatan, acara juga dilengkapi dengan doa bersama dan saling bersalaman satu sama lain untuk memaafkan dan meminta maaf di hari yang penuh berkah.

Lantunan lagu rohani juga menjadi hiburan kegiatan Halal Bi Halal dengan lagu-lagu dari artis nasional seperti Opick, Gita Gutawa, Bimbo, Ungu, Dewa 19 dll. Selanjutnya, untuk mengobati rasa rindu masyarakat Indonesia di Madagaskar akan masakan khas lebaran, KBRI Antananarivo menyajikan menu untuk para hadirin antara lain, lontong, opor ayam, rendang, sayur lodeh, kue nastar, sarang semut, dan risol.

Keluarga Besar KBRI Antananarivo mengucapkan Selamat Hari Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin.​

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya