Sukses

Hari Ketiga Libur Lebaran, Belasan Ribu Orang Berwisata ke Istana Pagaruyung Sumbar

Sekitar 12 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata Istana Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat pada hari ketiga libur Lebaran 2022.

Liputan6.com, Padang - Sekitar 12 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata Istana Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat pada hari ketiga libur Lebaran 2022.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Isma Efriyenti mengatakan jumlah tersebut merupakan kunjungan pada hari ketiga libur Lebaran 2022.

"Iya dari hari pertama Lebaran hingga hari ini semakin ramai yang berkunjung ke Istana Pagaruyung," katanya, Kamis (5/5/2022).

Menurutnya kunjungan wisatawan tahun ini, merupakan tahun pertama menggeliatnya pariwisata setelah dua tahun belakangan terdampak Covid-19.

Bahkan jika dibandingkan dengan 2019, jumlah wisatawan tahun ini juga jauh lebih banyak. Ia menyebut hal tersebut dampak dari terbatasnya mobilitas masyarakat dua tahun terakhir.

"Dua tahun terakhir mudik dibatasi, jadi tahun ini banyak yang pulang kampung saat Lebaran dan juga berdampak positif terhadap pariwisata," ujarnya.

Isma memprediksi puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu mendatang, karena merupakan hari-hari terakhir libur Lebaran 2022.

Ia berharap momen ini merupakan angin segar bagi geliat pariwisata Sumbar khususnya Tanah Datar, yang kemudian juga berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat.

"Kalau wisata menggeliat, otomatis ekonomi masyarakat juga turut bergerak," jelasnya.

Kemudian pihaknya juga menyediakan pos di Istana Pagaruyung yang terdiri dari tim gabungan seperti keamanan dari pihak kepolisian, tim medis dan tim kebersihan.

"Kami ingatkan kepada pengunjung agar terus menerapkan protokol kesehatan," ia menambahkan.

Selain Istana Pagaruyung, sejumlah objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Tanah Datar yakni Puncak pato, Aua Sarumpun, dan Tanjung Mutiara.

 

Reporter: Novia Harlina

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.