Sukses

Tim Bulu Tangkis Indonesia Rayakan Idul Fitri di Negeri Orang

Tim bulu tangkis Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Manila, Filipina. Meski demikian, suasana Lebaran tetap terasa haru dan khidmat.

Liputan6.com, Manila - Tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga pada Kejuaraan Asia 2022 merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dengan sederhana di Manila, Filipina. Walau di negeri orang, suasana lebaran tetap terasa haru dan khidmat.

Kegiatan dimulai dengan Shalat Idul Fitri di ballroom Hotel Crimson, Senin (2/5). Kemudian dilanjutkan tradisi bermaaf-maafan lalu berkumpul untuk sarapan bersama.

"Sebenarnya kami sudah ada rencana mengunjungi KBRI karena di sana ada Shalat Id dan halal bihalal," tutur Iwan Hermawan, pelatih fisik yang juga Kabid Sports Science PP PBSI.

"Tetapi, ternyata protokol kesehatan masalah Covid-19 di sini masih agak ketat dan berbelit. Jadi kami mengurungkan niat tersebut. Sebagai gantinya, kami berinisiatif untuk meminjam ruangan ballroom hotel untuk shalat Ied," ucapnya menambahkan.

Meski tidak ada ketupat dan opor, suasana Idul Fitri 2022 tetap terasa. "Momentum Idul Fitri hari ini merupakan momentum yang luar biasa karena kami sedang berjuang untuk Indonesia," ucap Iwan, yang bertugas sebagai imam dan khatib Shalat Idul Fitri.

"Walau sedang jauh dari rumah dan keluarga, suasana Idul Fitri tetap dirasakan semua tim yang berada di sini."

Tak lupa, Iwan mewakili tim bulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Asia 2022 mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi semua yang merayakan. "Saya mewakili tim Indonesia yang berada di Manila mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sedih

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo merasakan kesedihan karena tidak bisa berlebaran di tanah kelahirannya, Papua. Tapi, ia bersyukur bisa merasakan momen lebaran bersama tim Indonesia.

"Cukup sedih karena tidak berlebaran bersama keluarga, tetapi saya juga bersyukur masih bisa merasakan suasana lebaran di sini bersama tim. Alhamdulillah tadi bisa shalat Ied dan sarapan bersama," kata Chico.

"Saya tidak bisa pulang ke Papua karena akan langsung persiapan menuju SEA Games. Paling nanti video call saja dengan keluarga untuk merayakan Idul Fitri dan melepas rindu," ucap Chico.

Usai berlaga di Kejuaraan Asia, sebagian tim bulu tangkis Indonesia telah kembali ke Tanah Air. Sementara sebagian lainnya langsung terbang ke Bangkok, Thailand, Selasa (3/5), untuk mengikuti Piala Thomas dan Uber 2022.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Kejuaraan Asia

Indonesia meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Asia 2022. Gelar itu didapat lewat ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Pramudya/Yeremia mengalahkan pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada laga final di Multinlupa Sports Complex, Manila, Filipina pada Minggu (1/5). Pasangan muda Indonesia ini menang 23-21 dan 21-10 dalam waktu 29 menit.

Sayang, sukses Pramudya/Yeremia tidak bisa diikuti Jonatan Christie. Tunggal putra Indonesia itu menyerah dari andalan Malaysia Lee Zii Jia.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, kalah dua game langsung 17-21 dan 21-23. Meski kalah, Jonathan tetap dalam performa bagus karena masuk final di tiga turnamen terakhir yang diikuti dan memenangkan Swiss Open.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.