Sukses

6 Aplikasi Pantau Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, Apa Saja?

Tekno Liputan6.com merangkum sejumlah aplikasi yang bisa dimanfaatkan pemudik saat dalam perjalanan untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran akan tiba dalam beberapa hari mendatang. Sebagai bentuk tradisi, umat Muslim di Indonesia pun sudah bersiap mudik ke kampung halaman.

Karena itu, berbagai kalangan masyarakat yang mudik pun harus selalu meng-update informasi tentang kondisi kepadatan lalu lintas di jalan khusnya ruas jalan tol.

Berdasarkan laporan terkini, sejumlah kebijakan contraflow di ruas jalan tol yang ramai dilalui oleh arus kendaraan selama mudik Lebaran diperluas.

Tentunya ini dilakukan untuk dapat mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan.

Karena itu, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Tak hanya mengecek kondisi kendaraan agar tetap prima saat di jalan. Pemudik juga harus mempersiapkan saldo uang elektronik yang cukup untuk membayar tol.

Persiapan lain yang tidak kalah penting bagi para pemudik Lebaran adalah informasi tentang lalu lintas dan arus kemacetan di jalan yang akan dilalui selama perjalanan.

Berbekal informasi tersebut, pemudik dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam perjalanan, termasuk apabila ingin mengambil rute alternatif.

Tekno Liputan6.com merangkum sejumlah aplikasi pantau lalu lintas saat mudik Lebaran. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Maps

Ilustrasi Google Maps. Kredit: Deepanker Verma from Pixabay

Seperti diketahui, Google Maps menjadi aplikasi pemetaan yang cukup banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap, seperti petunjuk jalan, navigasi, termasuk kondisi lalu lintas.

Kondisi lalu lintas di perjalanan biasanya ditunjukkan dengan warna hijau, kuning, dan merah. Selain itu, aplikasi juga bisa memberikan rekomendasi rute alternatif ketika melakukan perjalanan.

Pengguna juga dimungkinkan untuk memakai aplikasi ini tanpa terhubung dengan internet. Sebab, pengguna bisa mengunduh terlebih dulu informasi di sebuah kawasan yang dibutuhkan.

Waze

Secara fungsi, Waze memiliki fitur yang serupa dengan Google Maps. Pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk mengetahui rute perjalanan termasuk memantau kondisi lalu lintas.

Hanya yang membedakan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk turut berpartisipasi dalam memberikan informasi di rute yang dilaluinya. Dengan informasi ini, antar pengguna bisa saling membantu untuk memberikan informasi terkini seputar arus lalu lintas.

HERE WeGo

HERE WeGo merupakan aplikasi yang sebenarnya memiliki fungsi mirip dengan Google Maps. Informasi yang ditawarkan pun terbilang lengkap, sehingga bisa dijadikan aplikasi peta dan navigasi alternatif.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh petan dan informasi wilayah tertentu. Jadi, pengguna dapat memakainya tanpa perlu terhubung dengan internet.

3 dari 3 halaman

Travoy

Travoy merupakan aplikasi berisi informasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal pula sebagai Jasa Marga Live.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas.Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pemesanan kendaraan derek di jalan tol apabila terjadi kondisi darurat. Aplikasi ini juga menyediakan informasi rest area terdekat dan kapasitas parkir yang tersedia secara real time.

Media Sosial/TV/Radio/Media Online

Informasi terkini juga kerap diunggah melalui akun media sosial resmi instansi terkait, seperti Jasa Marga, kepolisian, maupun pengendara lain. Karenanya, media sosial bisa menjadi salah satu opsi untuk mengetahui informasi lalul lintas terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan informasi terbaru yang dibagikan melalui radio, TV, atau media online mengenai arus lalu lintas selama mudik.

Akhir kata, selamat melakukan perjalanan mudik untuk bertema sanak saudara di kampung halaman. Selalu patuhi rambu lalu lintas dan hati-hati dalam berkendara.

(Ysl/Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.