Sukses

Doa yang Bisa Diamalkan Jika Anda Kehilangan Barang

Coba lantunkan doa ini saat Anda kehilangan barang.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak sedih saat barang berharga yang kita miliki hilang begitu saja. Mungkin Anda akan kesal, tapi Anda perlu ikhtiar terlebih dahulu untuk mencari barang yang hilang.

Sudah berusaha mencarinya, tetap saja barang tersebut tidak ketemu. Kita sampai kelelahan mencarinya, barang itu belum juga kita temukan. Jika mengalami hal tersebut, jangan bersedih. 

Coba lantunkan doa ini saat Anda kehilangan barang, seperti melansir dari Nu, Kamis (28/4/2022),

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ، اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ
Allâhumma yâ jâmi‘an nâsi liyaumin lâ raiba fîh, ijma’ bainî wa baina dlâllatî fî khairin wa ‘âfiyah.

Artinya,

“Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Selain doa di atas, Anda juga bisa mengamalkan doa berikut ini.

Bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’.

Artinya,

"Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanMu dan kekuasaanMu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianMu dan kemurahanMu."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa saat membeli barang baru

Setelah membeli barang baru, berupa pakaian, kendaraan atau pun gadget, kita perlu bersyukur kepada Allah SWT.

Saat tiba di rumah, tentu kita ingin segera menggunakan barang baru tersebut. Kita ingin tahu, seberapa bermanfaatnya barang yang baru terbeli itu. Selain itu, agar barang baru tersebut membawa kebaikan dan keberkahan dalam kehidupan kita, maka kita dianjurkan untuk membaca doa ini.

Berikut doa yang bisa Anda baca sambil memegang barang yang baru Anda beli.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

 

Allahumma inni as-aluka khoirohu wa khoiroma jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

Artinya,

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan sifat yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan sifat yang ada di dalamnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.