Sukses

Tips Membuat Ketupat Anti Gagal, Lebih Empuk dan Enggak Mudah Basi

Tips membuat ketupat yang empuk dan enggak mudah basi perlu kamu perhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Tips membuat ketupat anti gagal perlu kamu pahami sejak membuat anyamannya. Seperti yang telah diketahui, tradisi membuat dan memasak ketupat biasanya selalu ada saat perayaan hari raya Idul Fitri. Makan hidangan ketupat dan berbagai lauk-pauk yang nikmat bersama keluarga adalah suatu hal yang tidak boleh dilewatkan saat Lebaran.

Ketupat merupakan hidangan yang menggunakan bahan utama beras dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda atau janur. Sekarang ini, ketupat bisa dibuat dari berbagai macam alat dan wadah sehingga membuatnya jadi lebih mudah.

Tips membuat ketupat yang empuk dan enggak mudah basi perlu kamu perhatikan. Pasalnya, ketupat yang tidak empuk dan cepat basi merupakan masalah utama yang sering terjadi saat membuat ketupat. Oleh karena itu, langkah-langkah membuat ketupat, mulai dari membuat anyaman hingga mengisinya dengan beras dan memasaknya sangat penting diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2022) tentang tips membuat ketupat anti gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Membuat Ketupat Anti Gagal

Tips membuat ketupat yang empuk dan enggak mudah basi perlu memperhatikan langkah-langkahnya. Tips membuat ketupat anti gagal ini perlu kamu perhatikan sejak membuat anyaman ketupat hingga memasak berasnya.

Berikut tips membuat ketupat yang bagus empuk dan enggak mudah basi:

Memperhatikan anyaman

Tips membuat ketupat perlu kamu perhatikan sejak membuat anyamannya:

1. Pilihlah janur yang baik. Janur yang memiliki kualitas bagus merupakan janur yang masih berwarna hijau muda kekuningan dan yang masih berusia muda.

2. Pilihlah janur yang lebar juga panjang.

3. Kalau memilih wadah ketupat yang sudah jadi, pilihlah wadah anyaman ketupat yang rapat dan rapi dengan lebar janur beragam. Pasalnya, jika renggang akan membuat beras berhamburan dan lembek.

4. Pilih anyaman ketupat yang ukurannya sama. Hal ini bertujuan agar ketupat matang merata dan bersamaan.

3 dari 5 halaman

Tips Membuat Ketupat Anti Gagal

Mengisi Beras pada Ketupat

Tips membuat ketupat berikutnya berkaitan dengan mengisi beras pada anyaman ketupat.

5. Gunakan beras yang pulen, karena beras yang pera biasanya masih menyisakan buliran nasi.

6. Lalu, saat mengisikan beras ke dalam bungkus ketupat, pastikan anyaman ketupat tertutup rapat lagi agar beras tidak keluar ketika direbus.

7. Sebelum merebus ketupat yang sudah berisi beras, didihkan terlebih dahulu air dalam panci besar. Siapkan air mendidih sekiranya hingga seluruh ketupat terendam.

8. Setelah air mendidih, rebus ketupat selama 4-5 jam dengan api sedang. Pastikan seluruh bagian ketupat terendam, karena jika tidak akan membuatnya lembek dan mudah basi.

9. Setelah matang, bersihkan lendir pada bagian luar ketupat dan tiriskan ketupat.

10. Cukup gantung ketupat pada tempat terbuka dan biarkan terkena angin. Hal ini bertujuan agar ketupat tidak mudah basi. Untuk itu, pastikan ketupat matang tidak ada air yang tersisa.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Anyaman Ketupat

Setelah mengenali tips membuat ketupat yang empuk dan enggak mudah basi, kamu tentunya perlu mengetahui cara membuat anyamannnya. Bungkus atau anyaman ketupan ini biasanya terbuat dari daun kelapa muda atau janur. Berikut cara membuat anyaman ketupat:

Bahan yang dibutuhkan:

- Daun kelapa yang masih muda, yang berwarna hijau muda

- Pisau yang tajam

Cara membuat anyaman ketupat:

1. Siapkan janur daun kelapa yang masih sangat muda berwarna putih kekuning-kuningan.

2. Lalu buang batang keras pada daun kelapa tersebut.

3. Ambil satu helai janur. Kemudian gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah janur menghadap ke atas.

4. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan sedikit ditekan oleh jempol. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

5. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.

4. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

5.  Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

6. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Ketupat dengan Rice Cooker

Setelah membuat anyaman ketupat, kamu sudah bisa mengisi ketupat dengan beras dan memasaknya. Kamu bisa menggunakan rice cooker dalam membuat ketupat untuk Lebaran ini. Berikut cara membuat ketupat dengan rice cooker:

Bahan-bahan:

- 1 liter beras

- 10 buah bungkus anyaman ketupat yang sudah dibuat

Cara membuat ketupat dengan rice cooker:

1. Rendam beras beras selama 30 menit, lalu cuci dan tiriskan airnya.

2. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam kulit ketupat. Isi 2/3 bagian saja, karena nanti beras akan mengembang dan memenuhi kulit ketupat.

3. Siapkan rice cooker. Setelah itu, masukkan ketupat dan tuang air sampai terendam seluruhnya.

4. Nyalakan rice cooker dan biarkan ketupat masak selama kurang lebih 3 jam.

5. Setelah ketupat matang, angkat dan tiriskan airnya.

6. Tunggu sampai dingin, dan ketupat siap dihidangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.