Resep Opor Ayam Kuning Betawi, Cocok buat Lebaran

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 28 Apr 2022, 10:21 WIB
Diperbarui 28 Apr 2022, 10:21 WIB
Opor Ayam
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Lebaran adalah hari perayaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, kini tibalah hari kemenangan yang dinanti-nanti. Sanak keluarga berkumpul dan saling memaafkan.

Dalam pertemuan tersebut, aneka makanan pun tersaji sebagai pelengkap. Karena merupakan hari yang istimewa, maka sajiannya juga lengkap dan istimewa.

Anda ingin menyajikan opor ayam yang enak untuk keluarga atau tamu? Yuk, coba resep opor ayam kuning spesial berikut ini. Dengan racikan dan perpaduan bahan bumbu yang pas, kita bisa membuat opor ayam yang lezat.

Selengkapnya, ikuti resep opor ayam kuning di bawah ini seperti dikutip dari Fimela.com.

 

Bahan-Bahan:

 

    500 gram daging ayam

    500 ml santan kental

    500 ml santan encer

    1/2 sdt kunyit bubuk

    1/2 sdt jintan

    1 sdt ketumbar

    3 butir kemiri

    3 siung bawang merah

    2 siung bawang putih

    1 sdt garam

    1/2 sdt asam jawa, larutkan dengan 50 ml air

    4 cm lengkuas, digeprek

    1 batang serai, memarkan

    3 lembar daun jeruk

    2 lembar daun salam

    30 ml minyak untuk menumis

 


Opor Ayam Kuning Betawi H Saadih

Opor ayam kuning Betawi H Saadih sudah terkenal luas kelezatannya. Restoran yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan, ini awalnya hanya dikenal dengan nama ayam kuning Betawi. Akan tetapi, biar mudah dikenal oleh masyarakat, maka nama masakan khas ayam Betawi tersebut ditambah jadi Opor Ayam Kuning Betawi H Sa'adih.

Opor ayam Betawi ini agak berbeda dibandingkan dengan opor ayam lainnya, yaitu dengan tidak adanya santan yang dipakai dalam masakannya.

Jika masakan opor ayam identik dengan santan, maka tidak demikian dengan opor ayam H Saadih. Sebagai pengganti santan, digunakanlah parutan kelapa yang sudah digongseng dan ditumbuk ke dalam campuran ayam yang sudah direbus bersama.

Selain itu, bahan utamanya adalah ayam kampung pejantan. Setelah dikasih bumbu kemudian dimasak sekitar dua jam kemudian ditaburi kelapa yang digongsong (sangrai) yang ditumbuk lembut.

Penggunaan serundeng kelapa itulah yang menyebabkan rasa masakan menjadi berbeda. Apalagi jika ditambah dengan sambal ijo yang diberi air kelapa.

Penasaran ingin coba? Silakan datang langsung ke RM H Saadih.

Jln. Puri Mutiara II No.9, RW.11, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya