Masjidil Haram Malam 27 Ramadhan Diklaim Tempat Paling Steril di Dunia

Oleh Tanti Yulianingsih pada 28 Apr 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2022, 13:00 WIB
Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 membersihkan Masjidil Haram di Makkah. (reasahalharmain)
Perbesar
Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 membersihkan Masjidil Haram di Makkah. (reasahalharmain)

Liputan6.com, Makkah - Persiapan General Presidency for the Affairs of the Two Holy Mosques atau Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 diklaim telah membuat Masjidil Haram di Makkah menjadi tempat paling steril di dunia.

Di antara persiapan tersebut, tim presidensi tersebut telah menyediakan 11 robot untuk sterilisasi, desinfeksi dan pengendalian epidemi di dalam Masjidil Haram.

The Agency for Field Services and Affairs (Badan Layanan dan Urusan Lapangan) mengatakan bahwa penyediaan robot-robot ini merupakan bagian dari paket layanan yang diberikan oleh Kepresidenan, dalam persiapan untuk menerima jemaah untuk melakukan sholat Tarawih pada malam 27 bulan Ramadhan yang diberkati.

Lebih dari 70 satgas disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram, di samping partisipasi 700 pekerja dan lebih dari 100 pengawas, yang bekerja sepanjang waktu dalam mensterilkan seluruh bagian Masjidil Haram dan halaman luar dan toiletnya.

Badan tersebut menekankan bahwa robot beroperasi dengan sistem kontrol otomatis yang diprogram pada pra-peta, selain memiliki 6 tingkat yang meningkatkan keamanan atmosfer lingkungan yang sehat, serta secara cerdas menganalisis persyaratan sterilisasi.

Patut disebutkan bahwa robot-robot yang disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram Makkah ini sebelumnya telah memperoleh paten SLAM, selain itu juga dibedakan dengan fakta bahwa satu robot dapat bekerja selama 5-8 jam tanpa membutuhkan intervensi manusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


10 Hari Pertama Ramadhan 2022, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan di Masjidil Haram

Air Zamzam dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram saat Ramadhan. (SPA)
Perbesar
Air Zamzam dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram saat Ramadhan. (SPA)

Sebanyak delapan juta liter air Zamzam akan dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi selama sepuluh hari pertama Ramadhan 2022.

Dengan rincian mengutip Arab News, Kamis (14/4/2022), delapan juta liter Zamzam tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai, dan melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid. Ditambah 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, serta 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Lebih dari 100 karyawan telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya ditempatkan saat ini, untuk menyambut pengunjung, mengarahkan mereka, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa di area mataf.

Masjid juga telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadhan oleh 4.000 karyawan.

Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.


Ramadhan 2022, Jemaah di Dua Masjid Suci Saudi Disambut 50 Ribu Karpet Baru

Setiap karpet memiliki chip elektronik dan kode yang dibaca oleh identifikasi frekuensi radio yang terhubung ke sistem elektronik dengan informasi tentang tanggal pembuatan, riwayat penggunaan, lokasi, dan pencucian. (SPA)
Perbesar
Setiap karpet memiliki chip elektronik dan kode yang dibaca oleh identifikasi frekuensi radio yang terhubung ke sistem elektronik dengan informasi tentang tanggal pembuatan, riwayat penggunaan, lokasi, dan pencucian. (SPA)

Sebagai bagian dari persiapan Ramadhan, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menutupi lantai kedua tempat ibadah dengan 50.000 karpet baru untuk kenyamanan dan perlindungan jamaah sepanjang tahun, terutama selama bulan puasa.

Karpet, yang dibuat di Arab Saudi, memenuhi kriteria dan spesifikasi teknis tertentu agar sesuai dengan ruang Dua Masjid Suci dan memenuhi kebutuhan jemaah dan pengunjung.

Direktur departemen pembersihan karpet di Masjidil Haram di Makkah, Jaber Ahmed Al-Wada'ani, mengatakan penutup lantai baru membutuhkan waktu 11 bulan untuk diproduksi.

"Mereka berkualitas tinggi dan mewah sehingga jamaah dapat melakukan sholat dengan segala hormat dan ketenangan," katanya kepada Arab News seperti dikutip Kamis (14/4/2022).

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mendirikan departemen spesialis 43 tahun yang lalu untuk membersihkan, mendisinfeksi, mensanitasi, dan mengharumkan karpet dengan bantuan teknologi terbaru dan terbaik.

"Dulu, karpet Masjidil Haram Makkah diimpor dari Jerman, Belgia, dan Lebanon selama bertahun-tahun. Dari 1999 hingga 2000, impor karpet dihentikan dan batch pertama karpet didirikan di pabrik Makkah," kata Wada'ani.

14 batch pertama karpet Makkah buatan Arab Saudi memiliki spesifikasi teknis yang sama. Namun, mereka dibuat dengan nuansa merah. Kemudian, hijau diadopsi dan warna ini menjadi warna standar untuk karpet di kedua masjid.

 


Spesifikasi Karpet

Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Perbesar
Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini

Kepala fasilitas eksternal di Departemen Karpet Masjidil Haram, Muhammad Al-Thibani, menjelaskan detail khusus dan gambar yang diterapkan pada karpet.

"Lambang Arab Saudi dibuat di tengah setiap permadani, dan area permadani yang tersisa dihiasi dengan pola kayu dan bunga serta berbagai warna kuning, krem, dan biru tua, semuanya bergelombang dengan cara yang elegan dan harmonis,” kata Muhammad Al-Thibani kepada Arab News.

Karpet Dua Masjid Suci memiliki spesifikasi teknis yang membuatnya berbeda dari karpet biasa atau pada umumnya. Mereka lebih tebal, lebih kuat, dan lebih tahan lama. Mereka memiliki benang yang lebih lembut, tumpukan yang lebih tinggi, terasa lebih empuk di bagian bawah, memiliki stabilitas warna yang lebih baik, dan tidak terpengaruh oleh pencucian berulang.

Al-Wada'ani berkata: "Karpet ini terbuat dari 100 persen benang akrilik murni. Tumpukan itu beratnya 400 gram, dan tingginya mencapai 14 milimeter. Tinggi total satu karpet adalah 16 milimeter."

Dengan warna hijau lumut yang khas, karpet menjalani beberapa operasi pencucian sepanjang tahun karena binatu memasok Masjidil Haram dengan 2.000 karpet bersih seminggu.

Ada pemantauan masalah pembersihan dan pemeliharaan sepanjang waktu, dan para pekerja di masjid secara teratur menyapu, membersihkan, dan mengharumkan semua karpet selama siklus 24 jam.

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
Perbesar
INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya