Sukses

Smartfren Pastikan Jaringan Internet Aman Saat Mudik dan Lebaran

Smartfren memastikan jaringan internetnya siap melayani pelanggan saat mudik dan musim libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren memastikan jaringan internetnya aman saat musim mudik dan libur Lebaran 2022. Hal ini karena Smartfren telah mengantisipasi tingginya trafik internet di masa mudik dan libur Lebaran dengan meningkatkan kualitas dan coverage jaringan di seluruh wilayah operasionalnya di Indonesia.

Smartfren memprediksi, akan ada lebih dari 200 titik keramaian yang akan dikunjungi masyarakat selama musim mudik dan Lebaran 2022. Untuk itu, Smartfren meningkatkan kapasitas dan coverage jaringannya di wilayah-wilayah tersebut.

Peningkatan kualitas jaringan Smartfren telah selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional Smartfren dan wilayah yang diprediksi jadi titik keramaian di jalur mudik.

Smartfren secara nasional meningkatkan kualitas dan coverage jaringan Smartfren hingga 18 persen. Peningkatan ini diklaim cukup untuk menangani lonjakan trafik internet yang diperkirakan mencapai 14-20 persen.

VP of Network Operation Smartfren Agus Rohmat mengatakan, mudik tahun ini merupakan musim mudik perdana setelah 2 tahun ditiadakan karena pandemi.

"Smartfren siap memberikan pengalaman internet terbaik untuk seluruh pelanggan, termasuk mereka yang sedang dalam perjalanan mudik. Optimasi jaringan sudah selesai dilakukan 100 persen terutama di area jalur mudik," kata Agus, dikutip dari keterangan Smartfren.

Agus menambahkan, optimasi jaringan sudah selesai dilakukan 100 persen, terutama di area jalur mudik.

"Kami juga menyiapkan beberapa booth di jalur mudik sehingga pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan pulsa atau paket data Smartfren," katanya.

Selain jalur mudik, titik keramaian yang juga dipersiapkan untuk mengatasi lonjangan trafik adalah daerah wisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapkan Jaringan di Daerah Wisata

Selain jalur mudik, titik keramaian yang juga dipersiapkan untuk mengatasi lonjangan trafik adalah daerah wisata.

"Smartfren menyiapkan kapasitas yang cukup besar di daerah wisata yang diperkirakan menjadi titik keramaian pada saat libur Lebaran," kata Agus.

Secara wilayah, peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren dilakukan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Ada sekitar 200 area prioritas yang merupakan titik-titik yang dilalui pemudik. Mulai dari Pelabuhan Merak & Bakauheni, Tol Cipali dan Tol Trans Jawa, jalur selatan sepanjang Bandung-Nagrek-Tasikmalaya, dan Tol Trans Jawa.

Selanjutnya optimasi juga dilakukan di berbagai area wisata yang diprediksi akan ramai pada musim libur Lebaran.

Smartfren pun menyiagakan tim khusus yang akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam 7 hari, 337 mobile BTS, dan layanan pelanggan yang terus aktif 24 jam.

Para pemudik pun bisa dengan mudah mendapatkan kartu perdana atau paket data Smartfren di booth yang tersebar di sejumlah rest area dan posko jalur mudik.

Beberapa titik yang tersedia booth Smartfren ada di rest area Tol Cipali KM 102, Tol Cikampek KM 57, Rest Area Semarang-Solo KM 695A, Area Jombang-Mojokerto 456A, dan SPBU Paiton di Krajan, Situbondo.

3 dari 4 halaman

Paket Internet untuk Ramadan

Pada Ramadan kali ini, Smartfren juga memperkuat paket Unlimited dengan berbagai promo dan program untuk menemani pelanggan bersilaturahmi, berbagi kebaikan dan terus berkarya di bulan Ramadan.

Spesial untuk Ramadan, pelanggan bisa mendapatkan promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang untuk membuat internetan selama sahur jadi makin nyaman.

Promo add-on Unlimited Malam Full-Speed bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian atau Unlimited Nonstop.

Caranya dengan pastikan telah mengaktifkan salah satu dari paket Smartfren Unlimited tersebut, lalu gunakan aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan add-on Unlimited Malam Full-Speed 7 hari seharga Rp5.000 atau hanya dengan menukarkan 50 smartpoin.

Ada juga pilihan add-on Unlimited Malam Full Speed seharga Rp10.000. Add-on Unlimited Malam Full-Speed otomatis aktif di setiap jam 01.00-05.00 WIB.

Smartfren juga menyiapkan bonus lebih besar untuk pelanggan Unlimited Nonstop Rp 30 ribu. Mulai 27 April 2022 mendatang, seluruh pelanggan yang membeli paket Unlimited Nonstop Rp 30ribu bisa mendapatkan kuota 6 GB + bonus kuota lokal hingga 6 GB, dengan harga tetap.

4 dari 4 halaman

Beda Gelaran 4G dan 5G di Indonesia

Terlepas dari mudik, Indonesia mulai memasuki masa 5G sejak sejumlah operator memperkenalkan layanan 5G mereka pertengahan 2021 lalu. Meski begitu, 5G di Indonesia belum bisa menggantikan layanan broadband 4G.

5G disebut-sebut mampu menghadirkan layanan internet yang lebih cepat dan latensi yang rendah dibandingkan 4G. Tidak heran kehadiran layanan 5G ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna.

Namun penggelaran 5G tidak sama seperti saat operator menggelar 4G. Hal inilah yang membuat penggelaran 5G dilakukan terbatas di area dan use case tertentu.

Direktur Utama Smartfren, Merza Fachys, pun menjelaskan tentang implementasi 5G yang kini tengah dikembangkan oleh operator seluler.

Merza mengatakan, penggelaran 5G oleh operator, saat ini hanya fokus pada titik-titik yang memang sudah saatnya membutuhkan jaringan 5G.

"5G fokus pada spot-spot yang sudah saatnya membutuhkan 5G, ada use case, ada business model. Tidak seperti dulu, saat kita pasang 4G memang langsung kita pasang BTS di seluruh kota karena mobility coverage masih memungkinkannya," kata Merza, ditemui Selasa (19/4/2022) malam.

Dibandingkan dengan 3G, layanan 4G yang berkembang sudah nyaman dipakai mengakses berbagai layanan. Sementara, layanan 5G hadir untuk memenuhi special case.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.