Sukses

Resep Kacang Telur untuk Temani Hari Raya Idul Fitri

Berikut ini cara membuat kacang telur untuk penganan pada hari raya.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang suka makan kacang, baik itu kacang tanah, kacang mete, atau jenis kacang lainnya. Ini disukai karena rasanya yang lezat, dan bisa sangat membuat ketagihan terutama saat menonton serial favorit Anda atau pertandingan olahraga.

Resep ini disebut resep kacang telur. Tepatnya, ini terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan adonan telur dan ditaburi tepung terigu, ditambah beberapa bahan bumbu, lalu digoreng.

Kacang telur dapat menjadi cemilan yang enak untuk bingkisan kado untuk dibagikan dengan keluarga dan teman selama perayaan Idul Fitri dan acara lainnya.

Bahan:

  • 250 gr kacang tanah
  • 250 gr tepung terigu
  • Adonan:
  • 60 gr gula pasir
  • 1 telur
  • 7 gr garam
  • 1 sdm mentega
  • 1 Liter minyak goreng 

Instruksi:

1. Siapkan adonan

Dalam mangkuk pencampur, tambahkan telur, gula, garam, gula, dan mentega. Aduk sampai semuanya tercampur rata menjadi adonan yang halus.

2. Lumuri kacang dalam adonan

Tempatkan tepung dalam mangkuk atau piring yang dalam.

Masukkan kacang tanah ke dalam mangkuk berukuran sedang, lalu ambil 3-4 sendok makan adonan, dan aduk hingga merata.

Kemudian pindahkan kacang tanah yang sudah dilapisi adonan ke dalam tepung dan aduk perlahan sampai semua kacang terlapisi secara merata dan tidak menggumpal.

Bersihkan tepung berlebih dan ulangi langkah tersebut beberapa kali lagi sampai adonan dan tepung menutupi kacang sepenuhnya.

Catatan: Ketebalan lapisan crispy bisa diatur sesuai selera, tergantung berapa kali proses adonan dan pelapisan tepung dilakukan.

3. Goreng kacang

Panaskan minyak dengan api sedang dan goreng kacang tanah yang sudah dilapisi tepung sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat, tiriskan minyaknya, sisihkan.

4. Sajikan

Siapkan mangkuk saji, lalu pindahkan Kacang Telur ke dalam mangkuk dan sajikan. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam toples.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.