Sukses

Kemkominfo Rilis E-Book untuk Panduan Pemudik Lebaran 2022

Adapun e-book berjudul Mudik Aman dan Sehat 2022 ini berisikan panduan yang dapat dipakai oleh pemudik, dan hasil kolaborasi dengan Kemenhub, Kemenag, Kepolisian RI, Majelis Ulama Indonesia, dan Satgas Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang arus mudik Lebaran 2022, Kemkominfo merilis e-book (buku elektronik) berjudul "Mudik Aman dan Sehat 2022".

Adapun e-book ini berisikan panduan yang dapat dipakai oleh pemudik, dan merupakan kolaborasi Kemenhub, Kemenag, Kepolisian RI, Majelis Ulama Indonesia, dan Satgas Covid-19.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Usman Kansong, mengungkap alasan kenapa e-book “Mudik Aman dan Sehat 2022” ini diluncurkan.

“Kita luncurkan buku ini sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik, sehingga mudah mencari informasi mudik dan protokol kesehatan selama mudik, dalam buku saku yang bisa diakses kapan saja, di mana saja,” ujar Usman. dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (27/4/2022).

Usman mengatakan, e-book panduan mudik ini juga berisi nomor-nomor penting yang mungkin Anda perlukan saat mudik, syarat dan ketentuan mudik, program mudik gratis, rekayasa lalu lintas dan protokol kesehatan.

“Informasi dalam e-book yang tersedia untuk umum ini termasuk di dalamnya sejarah tradisi mudik dan tips menjaga kesehatan sesampainya di rumah,” kata Usman.

"Hal ini penting mengingat kita masih berada di tengah situasi Covid-19 selama silaturahmi Lebaran 2022."

 * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isinya Terus Diperbarui Sesuai Kebijakan

Ilustrasi buku, buku elektronik, e-book, ebook. Kredit: Perfecto_Capucine via Pixabay

Usman menyebut, Kemkominfo telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama masa mudik dan Lebaran 2022.

Menurutnya, hal ini penting dalam mendukung masyarakat untuk memiliki akses yang lancar terhadap Buku Panduan Mudik Aman & Sehat dan aktivitas digital lainnya.

“Termasuk dalam panduan Mudik Aman & Sehat, tertulis juga informasi lalu lintas, Korlantas dan NTMC Polri. Juga informasi tentang titik vaksinasi di Jalan Tol Jagorawi, aplikasi PeduliLindungi dan Maps memasak kembali ke rumah di Jawa,” ujarnya.

Dengan demikian, pemudik bisa melakukan perjalanan mudik sembari berwisata kuliner sekaligus ikut memajukan UMKM.

Buku Mudik Aman & Sehat bisa diakses melalui tautan linktr.ee/mudik2022. Usman menyebut buku elektronik tersebut sebagai living document.

"Artinya, informasi yang ada di dalamnya akan selalu diperbarui jika ada kebijakan protokol kesehatan atau informasi terbaru," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Kurangi Risiko Penularan Covid-19

Ilustrasi Membaca E-Book Credit: pexels.com/Ivan

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menhub Bidang Komunikasi Thonthowi Djauhari memuji kolaborasi sejumlah pihak terkait dalam pembuatan e-book tersebut.

Ia menilai, keberadaan e-book tersebut melengkapi sejumlah persiapan yang dilakukan Kemenhub selaku regulator yang membawahi bidang transportasi.

"Buku panduan mudik e-book 2022 sangat memudahkan pemudik karena bisa dibaca melalui smartphone, banyak informasi di dalamnya, termasuk mengetahui jadwal ganjil genap dan angkutan barang," kata Thonthowi.

Dengan begitu, pemudik bisa memilih kapan sebaiknya mereka melaksanakan mudik.

Berdasarkan survei Litbang Kemenhub, diperkirakan akan ada peningkatan mobilitas signifikan selama mudik Lebaran tahun 2022 dibandingkan Lebaran 2021 dan Nataru 2021/2022.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini