Sukses

Bandara Juanda Tambah Jam Operasional hingga 22.00 WIB saat Mudik Lebaran

Bandara Internasional Juanda Surabaya menambah jam operasional saat pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Juanda Surabaya menambah jam operasional saat pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran sehingga bisa melayani calon penumpang yang menggunakan jasa angkutan penerbangan di bandara setempat.

General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar Senin mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian kesiapan saat Lebaran tahun 2022 ini salah satunya menambah jam operasional.

"Penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB dari sebelumnya pukul 05.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/4/2022).

Ia mengatakan, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan menambah Notice of Airport Capacity (NAC) yakni kemampuan atau kapasitas bandara melayani penerbangan per jamnya menjadi 30 pergerakan pesawat per jam dari sebelumnya 26 pergerakan per jam.

"Selain itu dari aspek keamanan pihak bandara memberlakukan pemeriksaan keamanan secara terpusat atau Centralized Screening Check Point yang bertujuan agar pengawasan pemeriksaan keamanan dapat lebih optimal," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posko Lebaran

Bandara Internasional Juanda Surabaya juga mengoperasikan posko mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 sejak tanggal 25 April hingga tanggal 10 Mei 2022 sebagai tempat sebagai pusat informasi dan data sekaligus area pelayanan penumpang.

Posko tersebut berfungsi sebagai pusat informasi dan data sekaligus area pelayanan penumpang.

"Sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor 01 Tahun 2022 Posko akan berlangsung selama 16 hari sejak 25 April hingga 10 Mei 2022," katanya.

Dia menjelaskan, secara umum memang di awal Ramadhan trafik cenderung turun dan terlihat mulai meningkat memasuki pekan ketiga dan kemungkinan masih akan tumbuh hingga mendekati Hari H libur Lebaran.

"Pada pekan pertama hingga kedua rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 21 ribu lalu pada pekan ketiga rata-rata 23 ribu, dan saat ini di pekan keempat yang sudah berjalan empat hari, rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 27 ribu," katanya.

3 dari 4 halaman

Jelang Mudik Lebaran, AP I Terima Permintaan 1.001 Penerbangan Tambahan

Pelonggaran pemerintah mengenai mudik lebaran 2022 nampaknya disambut antusias masyarakat. Hal ini akan meningkatkan jumlah penumpang maskapai di bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero).

Hingga 20 April 2022, Angkasa Pura I telah menerima sebanyak 1.001 extra flight dari berbagai maskapai di 11 bandara yang dikelola.

Adapun 4 bandara yang menerima permintaan extra flight terbanyak adalah Bandara Juanda Surabaya dengan 246 penerbangan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan 192 penerbangan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 147 penerbangan dan Bandara Internasional Yogyakarta dengan 142 penerbangan.

“Dengan adanya permintaan hingga 1.001 extra flight ini setidaknya ada tambahan 160.000 seat yang tersedia bagi maskapai untuk mengangkut penumpang selama periode Angkutan Lebaran," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, ditulis Jumat (22/4/2022).

AP I memprediksi puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 29 April dan arus balik pada tanggal 8 Mei 2022. AP I akan menyiagakan Posko Angkutan Lebaran Terpadu di 15 bandara mulai tanggal 25 April - 10 Mei 2022 untuk memastikan operasional serta pelayanan kepada penumpang di bandara berjalan dengan baik, lancar dan kondusif dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu sendiri akan beroperasi sesuai jam operasional bandara serta melibatkan unsur internal Angkasa Pura I dan eksternal di bandara seperti Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, BMKG, Airnav Indonesia, Custom-Immigration-Quarantine (CIQ), Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak maskapai, dan ground handling.

“Jumlah personil yang terlibat secara keseluruhan untuk mendukung pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu mencapai 4.152 orang yang terdiri dari personil internal dari Airport Security, ARFF, Airside, Landside & Terminal Officer, Safety Officer dan Customer Service berjumlah 3.982 orang dan personil eksternal yang terdiri dari BKO TNI & Polri berjumlah 170 orang,” kata Faik Fahmi.

 

4 dari 4 halaman

Penumpang Naik hingga 2,4 Juta

PT Angkasa Pura I memprediksi akan melayani hingga 2,4 juta penumpang atau meningkat 452 persen jika dibandingkan periode peniadaan Angkutan Lebaran 2021 yang hanya melayani 428.156 penumpang di 15 bandara yang dikelola.

Sedangkan untuk trafik pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 19.579 pergerakan pesawat atau meningkat hingga 230 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang melayani 5.931 pergerakan pesawat.

Petugas bandara Angkasa Pura I selalu memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security checkpoint (tray & x-ray), toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan disinfektan.

Sedangkan kepada petugas operasional yang bertugas, diwajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti kacamata pelindung (goggles) atau pelindung wajah (face shield), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal. Selain itu untuk pelaksanaan physical distancing, telah melakukan pengaturan jarak antrian minimal 2 meter pada area check-in counter, security checkpoint, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area baggage claim serta area tunggu transportasi publik.

“Kami selalu menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk terus mematuhi ketentuan perjalanan yang berlaku dari Satgas Nasional Covid-19 dan bersama-sama menjaga penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, senantiasa menjaga kebersihan diri saat sedang melakukan perjalanan udara dan melakukan vaksinasi agar pandemi segera berlalu,” tambah Faik Fahmi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.