Sukses

Puasa Ramadhan Jangan Olahraga Berat, Pilih 5 Hal yang Ringan Ini

Olahraga ringan menghindarkan kita dari kelelahan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara agar tetap melakukan olahraga saat Puasa Ramadhan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan olahraga ringan sehingga tidak membuat dehidrasi atau lelah.

Namun itu tentu tidak benar. Soalnya banyak atlet yang juga tetap berlatih saat puasa Ramadhan.

Kesehatan tubuh adalah hal terpenting. Sebelum berolahraga, utamanya saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan tidak boleh dilewatkan.

Seperti dilansir asuransiastra.com, pola makan harus dijaga secara teratur saat sahur dan buka puasa. Cukupi kebutuhan minum selama sahur dan usahakan sahur di waktu mendekati imsak, dan tidak menunda waktu berbuka.

Ada olahraga yang tetap bisa dilakukan saat puasa. Ini bisa dilakukan beberapa jam setelah sahur atau sore hari jelang berbuka puasa. Olahraga ringan apa saja yang bisa dijadikan medium untuk tetap memperkuat tubuh?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jogging atau Treadmill Ringan

 

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka.

Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

 

3 dari 6 halaman

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis.

Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

 

4 dari 6 halaman

3. Bowling

 

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu kita menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa kita lakukan selama berpuasa.

Kita dapat bermain bowling selama menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

 

5 dari 6 halaman

4. Renang

 

Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita dapat mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit.

Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

 

6 dari 6 halaman

5. Jalan Cepat

 

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas.

Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.