Sukses

Tiket Mudik KAI dari Gambir dan Senen Masih Tersedia hingga 26 April

Pada periode mudik kali ini, KAI memprogramkan KA jarak jauh sebanyak 61 perjalanan kereta per hari.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 menyiapkan 785.800 tempat duduk (TD) pada masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyatakan, pada periode mudik kali ini, pihaknya memprogramkan KA jarak jauh sebanyak 61 perjalanan kereta per hari, dengan kapasitas tempat duduk 35.700 per hari yaitu 15.900 Stasiun Gambir dan 19.800 Pasar Senen.

"Sampai dengan 24 April, dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek sebanyak 289.500 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan pra Lebaran periode 22 April sampai dengan 1 Mei dengan okupansi 81 persen dari total tiket," jelas Eva.

"Masih terdapat tiket pada periode pra Lebaran untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan tujuan berbagai kota. Adapun mayoritas tanggal keberangkatan yang masih tersedia untuk tanggal 24 sampai dengan 26 April 2022," tambah Eva dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Sementara, untuk tanggal 27 April sampai 1 Mei, kata Eva, merupakan tanggal yang paling banyak diminati masyarakat dan pemesanan sudah banyak dilakukan sejak jauh hari sebelumnya.

"Pada kurun waktu tersebut keterisian tempat duduk sudah mencapai sekitar 90 sampai dengan 97 persen," ujarnya.

Dia mengimbau kepada calon penumpang yang akan melakukan pemesanan untuk perjalanan KA pra lebaran, memilih tanggal keberangkatan 24 sampai dengan 26 April.

"Atau mencari tanggal alternatif di luar tanggal favorit, seperti berangkat di antara tanggal 3 sampai dengan 5 Mei yang masih memiliki ketersediaan tiket belum dipesan sekitar 43 ribu kursi," imbuh Eva.

Selain itu, Eva menyarankan masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang bisa membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan kepada calon penumpang KA untuk memperhatikan kembali persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022," pungkas Eva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Penumpang di Pasar Senen

Sementara itu, pada H-8 Lebaran jumlah penumpang yang akan melakukan mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat mengalami kenaikan.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyatakan ada 26 kereta api yang beroperasi hari ini. Dan rencananya, akan ada dua kereta tambahan yang mulai dioperasikan pada Senin, 25 April besok. 

"Stasiun Pasar Senen terdapat 26 KA yang beroperasi," kata Eva saat dikonfirmasi, Minggu (24/4/2022).  

Ada pun jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun tersebut sebanyak 12.600 orang.

"Volume penumpang berangkat sebanyak 12.600 atau 66 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 19.100," kata dia.

Meski ada peningkatan jumlah penumpang, Menurut Eva jumlah tersebut belum signifikan lantaran puncak arus mudik diprediksi pda 27 April- 1 Mei 2022.

"Belum puncak arus mudik" ucapnya.

Adapun kota tujuan pemudik, tercatat masih didominasi oleh Jawa Tengah, Jawa Timur. Di antaranya Purworejo, Purwokerto, Solo, Semarang, Surabaya, Malang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022.

3 dari 4 halaman

Penumpang Gambir Meningkat

H-8 lebaran jumlah penumpang di Stasiun Gambir disebut juga mengalami kenaikan. Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyatakan, terdapat 33 kereta api yang beroperasi hari ini, di mana 7 diantaranya merupakan kereta tambahan

"Untuk hari ini, data Stasiun Gambir terdapat 33 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 7 di antaranya merupakan KA tambahan," kata Eva saat dikonfirmasi, Minggu (24/4/2022).

Sementara jumlah penumpang yang berangkat hari ini dari Gambir sebanyak lima ribuan orang.

"Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 5.698 atau 37 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 15.400," kata Eva

Sebelumnya, Eva menyebut meski ada peningkatan, jumlah penumpang tersebut belum signifikan lantaran puncak arus mudik diprediksi pada 27 April- 1 Mei 2022."Belum puncak arus mudik," ucapnya.

Sementara, kota tujuan pemudik, tercatat masih didominasi oleh Jawa Tengah, Jawa Timur, diantaranya Purworejo, Purwokerto, Solo, Semarang, Surabaya, Malang.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan harga tiket kereta api jarak jauh tidak naik di musim mudik Lebaran tahun ini. Hal ini sejalan dengan penjualan tiket yang belum maksimal atau baru mencapai 45 persen.

4 dari 4 halaman

312.755 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Sementara itu, pihak Jasa Marga mencatat ada 312.755 kendaraan telah meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada H-10 sampai dengan H-9 Lebaran 2022.

Angka tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier atau Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).  

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 7,8 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 339.205 kendaraan," tutur Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Menurut Heru, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 145.990 kendaraan atau 46,7 persen menuju arah Trans Jawa dan Bandung, 96.527 kendaraan atau 30,9 persen menuju Merak, dan 70.238 kendaraan 22,5 persen menuju arah Puncak.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," kata Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.