Sukses

Ramadhan Pertama, Masjid Hagia Sophia Bukti Transformasi Modern Turki

Hagia Sophia mengalami Ramadhan pertama semenjak berubah dari museum selama 88 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berakhirnya senja yang menyelimuti kota di Turki, suara salat Isya terdengar merdu di sekitar kompleks Hagia Sophia.

Ketika warga Muslim dan non-Muslim, bermanuver menuju keajaiban antik, banyak yang menunggu untuk berdoa dan juga mengadakan sholat tarawih khusus yang dilanjutkan di museum yang berubah menjadi masjid setelah 88 tahun Ramadhan ini. Demikian seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Minggu (24/4/2022).

Ibrahim Cetin (50) mengunjungi Masjid Agung Hagia Sophia untuk pertama kalinya.

“Meskipun tinggal di kota ini selama 30 tahun terakhir, saya menginjakkan kaki ke gedung ini untuk pertama kalinya karena saya ingin sholat tarawih di sini,” katanya kepada Al Jazeera.

“Saya sangat senang bahwa ini adalah masjid lagi. Sulit untuk mengatakannya dengan kata-kata untuk menggambarkan apa arti momen ini bagi saya,” tambahnya sambil menangis.

Hagia Sophia sepanjang waktu berdiri sebagai lambang utama pertempuran dan pergeseran bersejarah: monumen itu telah didambakan dan dikagumi oleh kaisar, sultan, dan politisi modern.

Ini telah menjadi katedral, masjid, museum, dan sekarang menjadi masjid lagi setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keputusan tersebut pada tahun 2020. Doa pertama kemudian diadakan di bawah kubah setinggi langit gedung pada 24 Juli tahun itu.

Langkah Erdogan menerima banyak reaksi dan dianggap "bermotivasi politik" oleh para kritikus. Nuh Atikoglu, 52, seorang pengunjung Hagia Sophia menyuarakan pandangan serupa.

“Tidak masalah bagi saya apakah itu masjid atau museum. Saya acuh tak acuh karena ada Masjid Biru di dekatnya juga. Erdogan mengambil keputusan ini untuk mengalihkan perhatian warga Turki dari krisis politik yang sedang berlangsung saat itu,” kata Atikoglu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali Jadi Masjid

Konversi museum menjadi masjid, bagaimanapun, juga dianggap sebagai tuntutan lama kaum konservatif Turki. Cetin “tidak pernah menyangka bahwa Hagia Sophia akan menjadi masjid lagi, tetapi itu adalah monumen milik nenek moyang Ottoman kita”, katanya.

Dalam 900 tahun pertama keberadaannya, Hagia Sophia merupakan pusat budaya dan politik Bizantium. Dianggap sebagai keajaiban arsitektur, itu dibangun sebagai basilika untuk Gereja Kristen Ortodoks Yunani pada tahun 537 M pada masa pemerintahan Kaisar Justinian I.

Oleh karena itu, meskipun berdiri diam dalam bentuk dan strukturnya, maknanya tetap mencerminkan transformasi politik Turki lama dan modern.

Pergeseran sejarah yang signifikan untuk bangunan terjadi pada tahun 1453 ketika Sultan Mehmed II menaklukkan Istanbul. Gembira melihat monumen agung, dia mencegah kehancurannya dan mengubahnya menjadi masjid.

“Mehmed II adalah pemimpin yang sangat intelektual, ibunya adalah seorang Kristen sehingga dia ingin memimpin orang-orang Kristen di kota, dan daripada menghancurkan Hagia Sophia, dia mengembangkannya,” kata Kaya Genc, ​​penulis The Lion and the Nightingale.

Hagia Sophia menjadi simbol prestise kekaisaran dan suci bagi kekaisaran Ottoman - itu berdiri bersama dengan Ka'bah di Mekah dan Kubah Batu di Yerusalem.

Konversi interior juga terjadi selama pemerintahan Ottoman. Bulatan Islam – menampilkan nama-nama Tuhan, Nabi Muhammad, empat khalifah pertama, dan dua cucu nabi – digantung di tiang-tiang di bagian tengah.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah Hagia Sophia

Sebuah mihrab, yang menunjukkan arah Mekah – dipasang di dinding.

Mihrab di Hagia Sophia berada tepat di bawah Mosaik Theotokos, “karena arah Mekah sama ke arah timur, tidak ada persyaratan untuk menggeser arah atau fokus di dalam masjid”, kata seorang sejarawan seni yang bertanya untuk tetap anonim karena kepekaan terhadap Hagia Sophia.

Untuk lebih menambahkan karakter Islam ke bangunan, empat menara dan mimbar juga ditambahkan sepanjang sejarahnya di bawah Ottoman.

“Bangunan itu sendiri mempengaruhi bangunan yang akan datang kemudian, dengan pembangunan masjid kekaisaran di Konstantinopel dan Istanbul. Bentuknya, ukurannya, kompleks yang terbentuk di sekelilingnya, semuanya memengaruhi konstruksi bangunan keagamaan kekaisaran di seluruh dunia Muslim.”

Ketika Kekaisaran Ottoman menurun pada awal abad ke-20, Turki menjadi republik sekuler pada tahun 1923. Pergeseran politik dari kekaisaran menjadi republik juga membuat Hagia Sophia memperoleh makna lain karena diubah menjadi museum pada tahun 1934.

Genc mengatakan ini adalah kontinuitas politik strategis untuk pentingnya bangunan.

“Apa yang dilakukan Ataturk pada tahun 1935 adalah bentuk kesinambungan dalam masyarakat Turki modern yang baru. Sebagaimana Islam adalah kelanjutan dari Kekristenan, sekularisme adalah kelanjutan dari Islam dalam versi modernnya. Pembentukan republik terjadi karena kaum Islamis modern pada masa itu.

“Tetapi bagian masyarakat yang lebih religius kecewa, betapa Kristennya ketika Mehmed II mengubah monumen itu menjadi masjid pada abad ke-15,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Konversi Masjid

Bagi kaum konservatif Turki hari ini, konversi kembali ke masjid menandai pemenuhan ambisi lama untuk memulihkan monumen simbolis kejayaan Ottoman.

“Ataturk juga membuat keputusan yang cepat – itu tiba-tiba dan singkat. Erdogan juga membuat pengumuman mendadak dan singkat melalui Twitter untuk mengubahnya kembali menjadi masjid,” kata Kaya.

Pekan lalu, Erdogan juga meresmikan Madrasah Hagia Sophia Fatih di Istanbul. Madrasah dibangun oleh Mehmed II, berfungsi sebagai madrasah pertama di kota di sebelah Hagia Sophia, dan dihancurkan selama era republik.

Berbicara pada upacara peresmian, Erdogan mengatakan pemerintahnya senang "mengembalikan kota struktur penting lainnya yang jejaknya sengaja dihapus".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.