Sukses

Ridwan Kamil: Jawa Barat Sangat Siap Sambut Mudik Lebaran 2022

Menurut Ridwan Kamil, sekitar 30 ribuan personel yang terdiri dari Polri, TNI dan dinas terkait dari Pemprov Jabar disiagakan terkait arus mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menegaskan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat siap menyambut dan melaksanakan kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

"Alhamdulillah di tanggal 22 April ini Jawa Barat sangat siap. Jawa Barat sangat siap untuk melaksanakan kelancaran mudik lebaran di Tahun 2022 ini," kata Ridwan Kamil seusai menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 dalam Rangka Pengamanan ldul Fitri 1443 Hijriah pada masa pandemi COVID-19 di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat 22 April 2022.

Salah satu bentuk kesiapan Jawa Barat dalam menyambut arus mudik Lebaran 2022, kata Ridwan Kamil, ialah dengan digelarnya Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 yang akan dilaksanakan selama 12 hari.

"Kegiatan operasi ketupat ini kalau di Jawa namanya Operasi Ketupat Lodaya 2022. Ini akan berlangsung 12 hari dari sebelum lebaran sampai dengan setelah lebaran," kata dia yang dilansir dari Antara.

Menurut dia, sekitar 30 ribuan personel yang terdiri dari Polri, TNI dan dinas terkait dari Pemprov Jabar disiagakan terkait arus mudik Lebaran 2022.

"Se-Jabar kurang lebih sekitar 30 ribuan. Kalau di Jawa Barat ya kemudian pos-pos pengamanan ada 330, itu dari Polri dan di luar Polri ada 150. Jadi kalau ditotal sekitar 480 pos sudah tersebar memang mayoritas di jalur-jalur mudik. Tapi juga di pos-pos tempat wisata dan lain-lain juga kita siapkan," kata dia.

Ridwan Kamil juga mengingatkan kepada pemudik terkait rencana penerapan satu arah di jalan tol dari Jakarta hingga Jawa Tengah pada tanggal 28 April 2022.

"Kemudian dalam waktu dekat akan terjadi kenaikan signifikan arus lalu lintas, khususnya di jalur utara. Itulah Kenapa di tanggal 28, 29, 30 April akan ada penyatuan arahan dari arah Jakarta ke arah Cirebon dan Jawa Tengah," kata dia.

Sehingga, lanjut Ridwan Kamil, kendaraan yang rutin melewati jalan tol dari arah Bandung, Cirebon ke arah Jakarta harus melalui jalur jalan biasa selama pemberlakuan satu arah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan Bagus

Kepolisian Daerah Jawa Barat telah melakukan pengecekan jalur arteri dan jalan tol dalam persiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Kapolda Jabar Irjen Suntana pun menyatakan kesiapan personelnya.

"Alhamdulillah, jalannya bagus sekali, dan lampu penerangan untuk malam hari juga bagus, dan pos pam, pos terpadu tersedia," ucap Suntana Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

Suntana juga menyatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan di sejumlah fasilitas rekreasi, tempat istirahat, dan sentra vaksinasi sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

"Selain melaksanakan pelayanan pengamanan, sesuai dengan arahan gubernur, kami menyiapkan pula sentra vaksinasi di seluruh pos pam dan pos terpadu yang ada," tuturnya.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menerangkan, pihaknya menyiapkan 353  pos yang terdiri dari pos pengamanan sebanyak 239, pos pelayanan 74 pos.    

 

 

3 dari 4 halaman

Sediakan 15 Pos

Untuk jalur tol disediakan 15 pos dan jalur arteri sebanyak 59 pos. Pos-pos ini nantinya akan berguna untuk melaksanakan pengamanan dan juga pelayanan serta kontrol serta analisis dan evaluasi terkait pelaksanaan arus mudik Lebaran.

Dalam pos-pos tersebut juga tersedia pelayanan petugas kepolisian, petugas kesehatan, pemadam kebakaran, bengkel, dan gerai vaksin. Bahkan, ada pos-pos unik yang disediakan pihak kepolisian seperti ruang bermain anak dan ruang baca untuk mengusir kejenuhan selama di perjalanan.

"Mudik kali ini agak berbeda dengan progres mudik dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kita mengharapkan bahwa pemudik bukan saja menjadi objek akan tetapi juga menjadi subjek, dengan harapan pemudik bisa berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik," ujar Ibrahim.

Sementara, personel yang dipersiapkan sekitar 27.327 personel yang terdiri dari kepolisian dibantu pemangku kebijakan terkait dari berbagai instansi yang nantinya akan membantu pelayanan di pos-pos tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Vaksin

Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengingatkan masyarakat yang hendak mudik Lebaran dan belum mendapat vaksinasi COVID-19 dosis lengkap agar segera melengkapi. Demikian pula dengan individu yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 booster untuk segera dilakukan bila sudah waktunya.

"Lebaran 10 hari lagi, saya rasa saat ini saat yang tepat bagi yang belum divaksinasi sehingga saat perjalanan mudik antibodi sudah optimal," ujar Dirga saat sesi Virtual Class bersama Liputan6.com pada Jumat 22 April 2022.

Dirga menjelaskan, antibodi akan tercipta sekitar 1-2 minggu sesudah individu menerima dosis booster. Oleh karena itu, Dirga mengimbau masyarakat untuk jangan menunda-nunda bila sudah mendapat jadwal vaksinasi.

"Pilihlah waktu yang tepat untuk vaksinasi, lengkapi booster jika memang sudah waktunya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.