Survei: Aktivitas Warga Arab Saudi di Ponsel Meningkat Saat Bulan Puasa

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 22 Apr 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi Layar Smartphone, Layar Ponsel
Perbesar
Ilustrasi Layar Smartphone, Layar Ponsel

Liputan6.com, Riyadh - Ramadhan adalah salah satu periode terpenting tiap tahun, terutama bagi merek-merek di Timur Tengah. Saat konsumen mencari persediaan bahan makanan pokok dan berbelanja hadiah, brand selalu mencari cara untuk menjangkau mereka.

Dengan pertumbuhan penggunaan ponsel seluler yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, tidak mengherankan jika konsumen menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat seluler mereka.

Dengan pemikiran ini, platform periklanan seluler AdColony dan perusahaan riset GlobalWebIndex melakukan penelitian untuk menganalisis penggunaan seluler dan kebiasaan berbelanja pengguna di Arab Saudi, demikian dikutip dari laman Arab News, Jumat (22/4/2022).

Warrick Billingham, manajer umum, Merek EMEA & LATAM di AdColony mengatakan kepada Arab News: “Bukan rahasia lagi bahwa pada periode ini, keputusan paling penting yang harus diambil oleh merek adalah berapa banyak mereka harus berinvestasi di media mana, dan cara mana yang harus mereka ikuti."

"Untuk membuat suara didengar oleh calon pelanggan mereka karena Ramadhan adalah salah satu musim terpenting untuk menangkap audiens target mereka."

Survei menemukan bahwa 50 persen responden di Arab Saudi menghabiskan satu hingga tiga jam di ponsel cerdas mereka per hari.

Selama Ramadhan, mayoritas konsumen Saudi menggunakan ponsel cerdas daripada perangkat lain untuk berbelanja online (65 persen), menelusuri aplikasi media sosial (64 persen) dan mengirim pesan kepada keluarga dan teman (61 persen).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Game Terus Berkembang

Memblokir Kontak
Perbesar
Memblokir Kontak

Sebanyak 77 persen orang Saudi mengatakan bahwa mereka menggunakan ponsel cerdas untuk bermain game seluler, dengan 46 persen mengatakan mereka akan terus melakukannya secara khusus selama Ramadhan.

Game seluler berkembang di Arab Saudi, dengan 48 persen orang menghabiskan setidaknya 30 menit — naik hingga 2 jam — per hari untuk bermain game seluler.

Waktu yang paling disukai untuk bermain game mobile (30 persen) adalah pada saat puasa antara pukul 12 malam. sampai jam 6 sore

Untuk belanja online, 75 persen lebih suka berbelanja setelah buka puasa, sementara 33 persen lebih suka berbelanja antara pukul 12 malam dan jam 6 sore.

Selain itu, mayoritas (80 persen) responden berniat menggunakan smartphone mereka untuk berbelanja selama Ramadhan, dengan 77 persen mengatakan mereka akan menggunakan aplikasi seluler tertentu.

Meskipun merek telah meningkatkan strategi e-niaga mereka sejak awal pandemi COVID-19, perilaku ini menunjukkan bahwa merek harus memperhatikan pengalaman seluler yang ditawarkan kepada pengguna, dan menghindari fokus pada pengalaman belanja online berbasis web.

Biasanya, merek menghabiskan paling banyak untuk iklan TV selama bulan suci, tetapi ini akan berubah.

 


Ponsel Memainkan Peran Penting

Ilustrasi menyambungkan ponsel ke tv
Perbesar
Ilustrasi menyambungkan ponsel ke tv

Menurut penelitian AdColony, 56 persen responden mengatakan bahwa iklan seluler memiliki dampak besar pada keputusan pembelian mereka dibandingkan dengan iklan TV (21 persen).

Namun, merek tidak boleh mengabaikan pengalaman di dalam toko karena meningkatnya penggunaan perangkat seluler. Lebih dari setengah (52 persen) pengguna di Arab Saudi dan akan mengunjungi toko untuk berbelanja bahan makanan Ramadhan, sementara 47 persen akan berbelanja online dan menggunakan pengiriman ke rumah.

Tetapi perangkat seluler terus memainkan peran penting dalam perjalanan belanja konsumen, dengan 79 persen responden survei mengatakan bahwa mereka menyelesaikan belanja Ramadhan langsung melalui iklan seluler, dan 76 persen lebih lanjut mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk membeli dari iklan seluler secara langsung jika produk unggulan atau layanan relevan bagi mereka.

Billingham mengatakan bahwa merek harus menyesuaikan iklan mereka untuk platform, dan ingat bahwa konsumen tidak ingin melihat iklan yang sama di saluran yang berbeda.

Dia menambahkan: “Alasan utama untuk ini adalah bahwa mode dan harapan (konsumen) mereka berbeda dalam waktu mereka di saluran ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghasilkan konten khusus media, dan bahkan jika tidak diproduksi, sangat penting untuk mengatur konten sesuai dengan media.”


Arab Saudi Janjikan Rumah ke 5.000 Keluarga Kurang Mampu

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Kerajaan Arab Saudi berjanji akan menyediakan tempat tinggal kepada 5.000 keluarga yang membutuhkan. Rencana penyediaan rumah ini akan direalisasikan dalam jangka waktu lima tahun. 

Kementerian yang mengurus perumahan di Arab Saudi resmi menyetujui rencana ini pada Ramadhan 2022, Kamis 14 Maret 2022. 

Pihak kementerian bekerja sama dengan Korporasi Pembangunan Perumahan Nasional (Sakan) dan Perkumpulan Amal untuk Perawatan Yatim Piatu di Riyadh (Ensan). Gubernur Riyadh Faisal bin Bandar juga turut menyaksikan penandatangangan. Ia juga duduk di dewan direksi Ensan.

Gubernur Faisal mengapresiasi upaya kementerian, Sakan, dan Ensan untuk aktif dalam pekerjaan kemanusiaan demi kebutuhan paling penting bagi kehidupan dan masa depan para keluarga, yakni rumah.

Ensan berfokus untuk menolong yatim-piatu agar memiliki kehidupan yang baik dengan program-program berkualitas tinggi yang bisa dipercaya masyarakat.

Ada 5.000 unit rumah di dalam kesepakatan tersebut. Ada 2.000 vila perumahan yang siap dibuat melalui proyek kementerian, ada juga komitmen alokasi 1.500 lahan dari kementerian, serta alokasi 1.500 plot dari donatur termasuk yang datang dari lembaga amal.

Kesepakatan ini bertujuan untuk menambah keterlibatan sektor non-profit untuk meningkatkan ekonomi negara, serta menyediakan stabilitas keluarga bagi masyarakat, dan meningkatkan kepemilikan rumah bagi rakyat Arab Saudi di sejumlah kota.

Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Perbesar
Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya