Sukses

Mau Mudik Lebaran 2022 Aman dan Nyaman, Lakukan 3 Hal Ini

Masyarakat Indonesia bisa pulang ke kampung halaman saat mudik Lebaran 2022. Tidak ada lagi penyekatan yang biasa dilakukan dalam dua tahun terakhir selama masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia bisa pulang ke kampung halaman saat mudik Lebaran 2022. Tidak ada lagi penyekatan yang biasa dilakukan dalam dua tahun terakhir selama masa pandemi Covid-19.

Beragam transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Melihat hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan beberapa tips mudik aman, dalam acara bertajuk Ngobrol Asik Safety Driving Untuk Mudik, yang disiarkan di Instagram resmi @daihatsuind.

"Daihatsu ingin terus mendekatkan diri kepada pelanggan dengan membantu memberi support melalui sharing tips mudik aman agar perjalanan pulang ke kampung halaman jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan," ujar Ben Faqih, Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT ADM.

Dalam acara ini, Daihatsu dan GT Radial mengundang Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) untuk berbagi tips persiapan mudik yang dibagi menjadi 3 poin utama, mulai dari Persiapan Kendaraan, Persiapan diri, dan Persiapan Selama Berkendara.

1) Persiapan Kendaraan

Pastikan kondisi prima dan telah melakukan servis rutin, sahabat juga dapat melakukan pengecekan beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K, termasuk susun muatan di dalam kabin secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Poin Selanjutnya

2) Persiapan Diri

Pastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik, ketika berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lainnya, serta jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya.

3) Gunakan fitur kendaraan

Selama Perjalanan, gunakan fitur di kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti sabuk pengaman, penggunaan rem secara bijak, selalu menjaga jarak aman. Dan beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

“Lewat sharing tips ini, kami berharap konsumen dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih menyenangkan bersama keluarga. Keep safety driving, dan semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga," pungkas Sony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.