Sukses

Ingat, Tiket Mudik Diskon 60 Persen dan Promo Rp 75 Ribu dari KAI Berakhir Hari Ini

Tiket kereta api yang diskon 60 persen dan promo Rp 75 ribu untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan program KAI Access Ramadan Festive 2022, dimana masyarakat dapat membeli lebih dari 6.000 tiket kereta api dengan potongan hingga 60 persen di masa Angkutan Lebaran 2022.

"Untuk area Daop 1 Jakarta, keberangkatan awal Stasiun Gambir dan Pasar Senen, pada KAI Access Ramadan Festive 2022 selain diskon hingga 60 persen juga terdapat promo tiket KA seharga Rp 75.000, melalui program Flash Sale untuk KA eksekutif dan sejumlah KA lainnya," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada wartawan, Kamis (21/4/2022).

Dia menambahkan, adapun diskon tiket kereta api hingga 60 persen dan Flash Sale seharga 75 ribu untuk keberangkatan Gambir dan Pasar Senen berlaku untuk jadwal perjalanan tanggal 4 sampai dengan 13 Mei 2022. Promo hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access.

Jika diskon tiket kerata hingga 60 persen dapat dipesan sepanjang hari, khusus Flash Sale waktu pemesanan hanya pada pukul 17.00 sampai dengan 18.00 WIB. Kedua program tersebut memiliki batas waktu pemesanan terakhir pada Kamis 21 April 2022.

Berikut daftar KA dan rute diskon hingga 60% keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen periode keberangkatan 4 Mei sampai dengan 13 Mei:

1. KA Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang)

2. KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi)

3. KA Purwojaya (Gambir - Cilacap)

4. KA Argo Cheribon (Gambir - Tegal dan Gambir - Cirebon)

5. KA Gumarang (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)

6. KA Sawunggalih (Pasar Senen - Kutoarjo)

7. KA Jayakarta (Pasar Senen - Surabaya Gubeng)

8. KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiket Eksekutif Rp 75 Ribu

Daftar KA dan rute yang mendapatkan promo Flash Sale Rp 75.000 periode keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen 4 sampai dengan 13 Mei 2022:

1. KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi)

2. KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan)

3. KA Argo Muria (Gambir- Semarang Tawang)

4. KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung)

5. KA Gajayana (Gambir - Malang)

6. KA Brawijaya (Gambir - Malang)

7. KA Bima (Gambir - Surabaya Gubeng)

KAI Access Ramadan Festive dihadirkan untuk mengajak masyarakat naik kereta api pada masa mudik lebaran ini dengan pengaturan pilihan tanggal alternatif untuk mudik karena secara umum tiket angkutan lebaran 2022 masih tersedia.

"Kelebihan naik kereta api adalah bebas macet, aman, nyaman, dan sehat. Hal tersebut dikarenakan KAI selalu memastikan perjalanan KA menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi Covid-19 serta perjalanan KA sudah terjadwal dengan efektif," ujar dia.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penjualan tiket mudik Lebaran 2022 belum maksimal. Dia menyebut saat ini penjualan tiket belum mencapai 50 persen dari total tiket yang disediakan.

 

3 dari 4 halaman

Penjualan Tiket Mudik Belum Maksimal

"Sejauh ini kami melihat, penjualan tiket KA mudik belum maksimal," kata Joni dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (19/4).

Joni mengatakan, beberapa rute memang mengalami peningkatan penjualan tiket. Namun beberapa relasi lain belum memenuhi penjualan tiket maksimal atau masih banyak tersedia.

"Ada beberapa elemen masyarakat menyebut, di beberapa rute tiket habis pada tanggal tertentu, misalnya dari Jakarta ke Jogja habis, tapi ada di satu relasi ada tiket masih sangat banyak tersedia," jelasnya.

Meski tiket saat ini masih banyak tersedia, Joni mengatakan, pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api jelang Lebaran. Langkah penambahan tempat duduk dan operasional pun sedang dibahas bersama stakeholder.

"Tambahan ekstra, kita sedang melakukan persiapan dan melakukan koordinasi dengan rekan-rekan komersial, apakah nanti ada tambahan ekstra. Nanti akan dirilis setelah sudah siap," tandasnya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyiagakan sebanyak 35 kereta api jarak jauh tambahan per hari di musim mudik Lebaran 2022. Itu dilakukan dengan mengoptimalkan sarana Siap Operasi yang tersedia.

 

4 dari 4 halaman

Siagakan 35 Kereta Tambahan

"Kita juga tambah perjalanan kereta tambahan, dalam rangka antisipasi lonjakan penumpang. Kami tambah ada 35 perjalanan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam sesi teleconference, Selasa (19/4/2022).

Total, ada sebanyak 770 kereta api jarak jauh yang dipersiapkan selama periode mudik Idul Fitri tahun ini, atau sekitar 35 unit kereta per hari.

"Total dari semua ada 770 perjalanan selama 22 hari. Itu sudah rilis tiket sejak 1 April 2022," imbuh Joni.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan harga tiket kereta api jarak jauh tidak naik di musim mudik Lebaran tahun ini. Hal ini sejalan dengan penjualan tiket yang belum maksimal atau baru mencapai 45 persen.

"Sesungguhnya tidak ada kenaikan tarif dimasa angkutan Lebaran. Karena kita melihat keterisian penumpang," ujar Joni.

Penerapan harga tiket bagi masyarakat, kata Joni, masih berdasarkan skema tarif batas atas dan tarif batas bawah. Hal ini sama seperti yang dilakukan KAI saat hari biasa atau normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.