Sukses

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa

Ada beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi ketika berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berpuasa, umumnya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Terlebih saat di siang hari yang terik. Itulah m0engapa penting untuk menjaga asupan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama Anda berpuasa.

Konsumsi buah-buahan selama berpuasa merupakan salah satu cara yang baik untuk jaga tubuh Anda tetap fit. Kandungan vitamin, serat dan mineral yang begitu banyak pastinya akan membuat tubuh tetap fit selama berpuasa. 

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah-buahan selama berpuasa. Pasalnya buah-buahan yang kaya akan vitamin dapat Anda konsumsi saat waktu sahur ataupun berbuka.

Ada beberapa buah yang bagus untuk dikonsumsi ketika berpuasa. Buah-buahan tersebut bisa menjaga tubuh tetap fit dan bertenaga sepanjang hari saat berpuasa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat berpuasa. Alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan lemak ini baik untuk dijadikan sebagai sumber energi bila dikonsumsi saat sahur.

Oleh sebab itu, konsumsi alpukat secara rutin saat sahur dan berbuka agar tubuh Anda tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

2. Apel

Buah selanjutnya yang baik dikonsumsi saat puasa ialah Apel. Sama seperti alpukat, apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, mengonsumsi apel pada saat berbuka puasa dapat menekan nafsu makan yang terlalu besar ketika Anda berbuka. Apel kaya akan vitamin A, B, dan C ini akan dapat membuat Anda kenyang lebih lama bila dikonsumsi saat sahur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pisang hingga Kurma

3. Pisang

Pisang menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa selanjutnya. Buah yang kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C ini ampuh untuk menekan asam lambung. Buah pisang yang lembut akan dapat melapisi dinding lambung sehingga akan cocok dikonsumsi pengidap maag yang berpuasa. Pisang juga menjadi buah yang baik untuk membantu menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

4. Pepaya

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk bantu sistem pencernaan, pepaya juga mengandung banyak vitamin C dan pro-vitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Pepaya juga dikenal dapat mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

5. Kurma

Kurma menjadi buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Kurma baik dikonsumsi saat berpuasa, kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi alasan buah ini sangat direkomendasikan sebagai menu berbuka.

Kandungan yang ada di dalam kurma yaitu 55% glukosa dan 45% fruktosa akan dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.