Sukses

Karim Benzema Bagikan Menu Berbuka Puasa Ramadhan

Karim Benzema memiliki menu andalan untuk berbuka puasa Ramadhan. Kurma dan susu adalah menu andalan striker Real Madrid tersebut.

Liputan6.com, Madrid - Karim Benzema memberi tahu penggemarnya tentang menu andalannya untuk berbuka puasa Ramadhan. Menu pilihannya itu sangat bermanfaat buat kesehatan.

Striker Real Madrid dan timnas Prancis itu memperlihatkan menu andalannya dalam postingan terbaru pada akun Instagramnya. Dalam postingannya tersebut, pemain berusia 34 tahun itu membagikan foto saat berbuka puasa.

Striker yang sudah mencetak 25 gol di Liga Spanyol sejauh musim ini itu berbuka dengan tiga butir kurma dan segelas susu. "SAHA FTORKOUM, Alhamdulillah," kata Karim Benzema yang artinya Selamat Berbuka Puasa, Alhamdulillah.

Berbuka puasa dengan kurma sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits disebutkan, "An Anas Ibnu Malik qala: 'Kana Rasulullahi SAW yufthiru ala ruthabaatin qabla an yushalliya, fa-in lam yakun ruthabaatun, fatamaraatun, fa-in lam yakun tamaraatun hasaa hasawaatin min maa-in,".

Artinya, "Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya meminum air seteguk demi seteguk."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat kurma

Rasulullah SAW memilih kurma sebagai makanan awal untuk berbuka puasa karena memiliki banyak manfaat. Setelah berpuasa, zat yang paling dibutuhkan tubuh adalah glukosa.

Zat ini bisa ditemukan di kurma dan buah ini mengandung energi yang sangat luar biasa. Bila tidak ditemukan kurma, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa cukup dengan diawali segelas air putih.

Karena setelah berpuasa seharian penuh, tubuh kehilangan cairan dan energi. Kurma dan air putih sangat baik untuk tubuh yang sedang mengalami kekurangan cairan serta energi setelah berpuasa.

3 dari 3 halaman

Khasiat susu

Sedangkan minum susu saat berbuka puasa dapat menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh. Susu mengandung nutrisi yang bermanfaat membantu mendukung pertumbuhan tubuh, termasuk kalsium, dan protein.

Susu mengandung banyak kalsium yang penting untuk tulang, gigi, gerakan otot, dan sinyal saraf. Selain itu, susu juga merupakan sumber kalium yang bisa membantu pembuluh darah melebar dan mengurangi tekanan darah.

Sementara kadar vitamin D dalam susu untuk mendukung produksi serotonin, hormon yang dikaitkan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.