Sukses

10 Taman Tematik di Tangerang Banten yang Seru Buat Ngabuburit

Mencari tempat ngabuburit selama Ramadhan di Tangerang Banten kini tak perlu repot-repot lagi.

Liputan6.com, Banten - Mencari tempat ngabuburit selama Ramadhan di Tangerang Banten kini tak perlu repot-repot lagi. Pasalnya Disbudparman Kota Tangerang, Banten, telah membuka 10 taman tematik yang bisa dipakai warga untuk kegiatan ngabuburit menjelang buka puasa di bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota yakni Indri Suryani di Tangerang, Selasa (19/4/2022) mengatakan 10 taman tematik yang sudah dibuka itu adalah Taman Ekspresi, Taman Pisang, Taman Prestasi, Taman Gajah, Taman Potret, Hutan Kota, Ecofarm Kampung Baru, Alun - Alun Pinang dan Huta Kota Pinang Griya, dan Taman Kunang - Kunang.

"Ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat karena taman tematik sudah kembali dibuka. Apalagi di bulan Ramadhan ini bisa sebagai tempat pilihan untuk ngabuburit. Namun kami ingatkan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker," katanya.

Ia mengatakan jam operasional taman tematik selama bulan Ramadhan masih tetap dibatasi yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Anak dengan usia di bawah 12 tahun harus dengan pendampingnya.

"Warga yang masuk ke dalam area taman tematik pun tetap harus melakukan scan barcode PeduliLindungi dan sudah divaksin sebagai upaya menekan terpapar," katanya.

Terkait pengawasan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan menerjunkan tim Brigade 1016 dalam memastikan semua pengunjung menerapkan protokol kesehatan.

"Kami imbau tetap patuhi aturannya untuk kebaikan kita semua. Jaga fasilitas yang ada karena pemkot telah menyiapkan sarana bagi masyarakat," ungkap Indri Suryani.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ngabuburit di Bogor

Alun-alun Kota Bogor menjadi tempat ngabuburit warga setempat yang berdatangan menjelang buka puasa selama Ramadhan 1334 Hijriah. Pantauan ANTARA di lokasi Jumat ini, masyarakat nampak antusias bahkan enggan pulang meskipun penjaga taman telah mengumumkan agar segera bersiap meninggalkan area Alun-alun tersebut.

Tidak peduli pria atau wanita, kecil atau dewasa, masyarakat seolah betah bercanda gurau sambil memainkan sejumlah fasilitas rekreasi yang disediakan. Hingga pukul 16.45 WIB, masyarakat masih sibuk bergantian menjajal permainan, seperti ayunan, jungkat-jungkit, serta fasilitas olahraga bagi orang dewasa. Ketika disapa, rata-rata mereka merupakan warga yang jauh dari Kota Bogor.

Lokasi yang berada di tengah kota, dekat akses Stasiun Bogor, Balai Kota Bogor, Masjid Agung yang masih dalam proses pembangunan, Pasar Kebon Kembang, Pasar Anyar, serta Mako Polresta Bogor Kota, Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor membuat masyarakat begitu mudah mengaksesnya.

Menurut salah satu penjaga taman Lukmanul Hakim yang sedang berjaga di lokasi mengatakan keramaian Alun-alun Kota Bogor belum seperti hari-hari biasa pada awal-awal peluncuran, namun keceriaan sekitar ratusan masyarakat setiap hari juga membuat penjaga tidak boleh lengah. Operasional Alun-alun dirunut saat peluncuran pada Jumat, (17/12/2021) yang bertepatan dengan Ulang Tahun Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, tak lama resmi dibuka untuk umum pada Minggu (19/12/2021).

Kemudian warga sempat tidak diperbolehkan Pemerintah Kota Bogor dalam hal ini Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) setempat mengakses area Alun-alun untuk bersantai dan bermain, karena didapati banyak yang tidak menghiraukan imbauan jangan menginjak rumput dan menjaga kebersihan. Rupanya, kebijakan itu berlanjut atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Pemerintah (PPKM) level 3.

Tepatnya berlaku di seluruh Indonesia pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Pemerintah Kota Bogor baru membolehkan akses Alun-alun kota untuk warga pada Senin (14/3) ketika Kota Bogor masuk PPKM level 2. Akan tetapi, pengunjung tetap dibatasi hanya 75 persen dan diberi waktu akses dari pukul 6.00-17.00 WIB.

Kebijakan ini masih berlangsung hingga saat Ramadhan ini. Lukman, sapaan Penjaga taman itu menuturkan, meskipun telah diperbolehkan berkapasitas 75 persen pengunjung, warga yang mendatangi ruang terbuka bermain dan bersantai itu belum banyak. Padahal, kini Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan PT KAI telah memberikan fasilitas tambahan yakni layanan jaringan internet tanpa kabel atau Wifi gratis dengan kapasitas 2.000 mbps.

Selain itu, masyarakat perlu takjil atau makanan untuk berbuka puasa juga tidak perlu terlalu bingung, karena pedagang kaki lima (PKL) mulai bermunculan dan dekat dengan pedagang makanan di sekitar Pasar Kebon Kembang dan Pasar Anyar. Lukman pun nampak menggiring masyarakat yang masih asyik bermain bersama keluarganya mendekati pukul 17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.