Sukses

Isi Ngabuburit Selama Ramadhan dengan Diskusi Keagamaan di Clubhouse

Clubhouse mengajak umat muslim ngabuburit saat puasa Ramadhan dengan mendengarkan topik dan ikut diskusi keagamaan di platform Clubhouse.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan biasanya dimanfaatkan umat muslim untuk mencari berkah dan meningkatkan keimanan. Ramadan juga kerap dianggap sebagai waktu terbaik untuk berbagi, berbuat baik, dan memperbanyak ibadah.

Baik itu ibadah seperti sholat tarawih, buka puasa bersama, membaca Alquran, hingga mendengarkan dakwah.

Kini, perkembangan teknologi memungkinkan orang untuk berbagai kegiatan keagamaan secara online, termasuk di platform audio meeting Clubhouse.

Clubhouse mengungkap, selama Ramadhan ini, makin banyak klub yang membuat ruangan/ rooms yang berhubungan dengan kegiatan Ramadan, baik saat siang atau sahur.

Misalnya, klub CV Virtual Hospital, sebuah klub yang biasanya berdiskusi tentang kesehatan dan rumah sakit. Kini selama Ramadan, klub ini mengadakan ruang edisi Ramadan yang bertajuk "Kebaikan kecil yang bisa dilakukan setiap hari.

Room tersebut dimaksudkan untuk mendorong Clubhousers melakukan lebih banyak perbuatan baik sepanjang Ramadan.

Clubhouse mencatat, masih banyak klub Muslim lainnya yang aktif membuat ruangan di Clubhouse. Klub-klub ini banyak yang mengundang ustaz untuk mendiskusikan topik keagamaan di Clubhouse.

Menariknya, sepanjang Ramadan, klub-klub tersebut berhasil menarik banyak pendengar dan populer di kalangan Clubhouser di Indonesia.

Clubhouse pun mengklaim, keberadaan room atau klub Muslim ini menjadikan platformnya cukup bagus untuk mengadakan diskusi bermakna dan saling berkolaborasi mengenai topik-topik keagamaan.

Berikut adalah sejumlah klub yang bisa disimak sembari ngabuburit selama Ramadan:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klub yang Sajikan Topik Keagamaan di Clubhouse

1. Rumaysho.com

Klub tempat berkumpulnya seluruh umat muslim untuk mengenal Islam lebih dekat dengan Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Si. Klub ini biasanya mengadakan seesi membaca Alquran bersama dengan semua anggotanya.

2. Ahensi Mengaji (Tadarus Ahensi)

Klub ini membahas Kajian Ilmiah Islam berdasarkan Alquran & Sunnah dengan pemahaman sahabat Nabi Muhammad SAW.

3. Ngaji Qur’an Bareng

Klub yang dibentuk untuk membaca dan mendengarkan Alquran bersama-sama dari seluruh dunia.

4. Dunia Santri

Klub yang membahas ajaran Islam tentang ilmudan ketakwaan berdasarkan Alquran, hadits Nabi Muhammad SAW, dan juga renungan keagamaan.

3 dari 3 halaman

Lainnya

5. Yuk Shalihah

Klub ini dikhususkan hanya untuk wanita yang sering membahas berbagai aspek kehidupan. Misalnya topik mengenai parenting, berbagi resep, berbagi tips kecantikan dan perawatan kulit, serta belajar bahasa bersama.

Selain daftar klub di atas, pengguna juga dapat menemukan klub menarik lainnya di Clubhouse sesuai dengan preferensi dengan menggunakan fitur Topik.

Bagi kamu yang tidak dapat bergabung secara langsung di ruangan yang sedang berlangsung, mereka dapat memanfaatkan fitur Replays untuk mendengarkan rekaman diskusi di lain kesempatan.

Dengan adanya ratusan ribu klub di Clubhouse, kamu tidak akan kesulitan menemukan topik diskusi yang sesuai dengan kebutuhan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.