Sukses

Membaca Alquran hingga Sholat Malam, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Nuzulul Quran

Berikut ini deretan amalan yang bisa dilakukan saat Nuzulul Quran.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadhan terdapat banyak peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam. Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan adalah Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran sendiri adalah peristiwa turunnya kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Peringatan Nuzulul Quran jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan. Pada Ramadhan 1443 H ini, Nuzulul Quran diperingati pada Senin (18/4/2022).

Di malam Nuzulul Quran terdapat beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat muslim. Salah satunya mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Serta hikmah membaca Alquran di malam Nuzulul Quran adalah mendapatkan pahala serta syafaatnya di hari kiamat. 

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada hari kiamat untuk memberikan Syafa’at kepada penganutnya.” (Hadist Riwayat Muslim)

Lalu dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Kitabullah (Al-Qur’an) maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu nantinya akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim Satu Huruf, tetapi alif Satu Huruf, Lam satu huruf dan mim satu huruf". (Hadist Riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Seperti yang kita tahu bahwa kitab suci Alquran adalah petunjuk dan cahaya, yang telah dijelaskan di dalam firman Allah SWT di dalam Alquran surat Asy Syura Ayat 52 yang berbunyi:

"Dan demikianlah kami wahyukan kepadamu Wahyu (Alquran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu. Namun kamu menjadikan Alquran itu cahaya, yang kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba kami dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus" (QS Asy-Syura: Ayat 52).

Tak hanya itu, keistimewaan membaca Alquran selanjutnya ialah sebagai rahmat seperti yang telah dijelaskan di dalam firman Allah SWT di dalam surat Alquran Al-Israa ayat 82 yang berbunyi:

“Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian" (QS Al-Isra: Ayat 82).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan Saat Nuzulul Quran

Membaca Alquran

Amalan malam Nuzulul Quran pertama yang bisa dilakukan oleh umat muslim yaitu dengan membaca Alquran. Dengan membaca Alquran di malam Nuzulul Quran kita akan dilimpahkan pahala dan rahmat oleh Allah SWT.

Perbanyak Sholat Malam

Memperbanyak sholat malam merupakan amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya yang sangat dianjurkan. Untuk melakukan sholat malam, Anda bisa tidur terlebih dahulu setelah menunaikan sholat tarawih dan tadarusan. Menunaikan ibadah sholat malam akan membuat seorang hamba lebih dekat kepada Allah SWT dan memaknai Nuzulul Quran sebagai hari terpenting.

Itikaf

I'tikaf merupakan amalan malam Nuzulul Quran yang bisa dilakukan selanjutnya. Layaknya amalan malam Lailatul Qadar, saat Nuzulul Quran umat muslim bisa melakukan i'tikaf. I'tikaf merupakan berdiam di dalam masjid atau rumah dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Banyak Berdoa

Amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kalian lakukan terakhir adalah dengan memperbanyak bacaan doa. Menunaikannya akan membuat seseorang bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, memperbanyak bacaan doa menyambut malam Nuzulul Quran, bisa membuat setiap hamba lebih menghayati betapa pentingnya Nuzulul Quran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini