Sukses

4 Doa Saat Turun Hujan Lengkap, Arab, Latin, dan Terjemahan

Berikut ini doa-doa yang dapat dibaca saat turun hujan

Liputan6.com, Jakarta - Saat hujan turun, kita dianjurkan untuk membaca doa dengan harapan hujan yang turun menjadi berkah dan membawa manfaat bagi semua makhluk. Doa turun hujan juga dibaca sebagai permohonan agar hujan tersebut tidak menjadi bencana. Berikut ini bacaan doa turun hujan yang diajarkan lengkap arab, latin, dan terjemahannya:

Doa ini termasuk doa yang paling umum dibaca ketika turun hujan. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya,

Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat.

 

Doa saat hujan dengan angin kencang

Ketika turun hujan disertai angin kencang, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya,

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa saat hujan turun dengan lebat

Ketika takut saat hujan turun dengan lebat, bacalah doa turun hujan berikut ini:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari.

Artinya,

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

 

Doa saat hujan disertai petir

Apabila hujan turun disertai petir, maka bacalah doa seperti yang tertulis dalam hadis Imam Malik, bahwa Rasulullah SW membaca doa ini saat hujan disertai petir.

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.