Aliando Syarief Ungkap Penyakit Mental OCD Bikin Otak dan Perasaannya Nggak Sinkron

Oleh Fitri Syarifah pada 16 Apr 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2022, 15:00 WIB
Aliando Syarief. (Foto: Dok. Instagram @aliandooo)
Perbesar
Aliando Syarief. (Foto: Dok. Instagram @aliandooo)

Liputan6.com, Jakarta Awal Januari lalu Aliando Syarief membuat pengakuan mengejutkan saat tengah live di Instagram. Ia mengungkap alasan menarik diri dari panggung hiburan tanah air selama beberapa tahun ternyata berkaitan dengan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) yang diidapnya.

Aliando yang menghadiri event Falcon Showcase untuk mempromosikan film barunya tampil di hadapan banyak orang setelah lama berada di rumah.

"Baru kali ini keluar, interaksi dengan banyak orang, lihat orang-orang lagi. Ya, senang pastinya. Siapa yang nggak mau keluar sama temen-temen, hangout sambil ngomongin project? Seneng banget bisa silaturahmi," kata Aliando ditemui di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Aliando Syarief mengatakan bila penyakit mental yang diidapnya sudah tidak separah sebelumnya. Namun ia harus tetap bisa kontrol karena ada sesuatu dalam tubuh yang bingung bagaimana mengendalikannya.

"Keadaaan sekarang masih tetap harus kontrol karena di dalam diri ini tuh sesuatu yang bermain dalam sebuah emosi. Semua hal yang ada di pikiran, perasaan, itu campur aduk yang nggak kita gerakin. Jadi otak sama perasaan nggak singkron. Dia bergerak sesuka hati di tubuh gue dan gue bingung ngontrolnya gimana," ucap Aliando.

 


Mencari Tahu dan Menenangkan

Sejak mengidap Obsessive Compulsive Disorder, Aliando Syarief terkadang menjadi lepas emosi. Ia pun belajar untuk menahan dengan cara mencari titik pemicu dan berusaha menenangkannya.

"Kalau marah itu kita kena beberapa lapis. Ibarat ada tujuh, paling nyampainya lima, jadi ada dua yang bisa kita pikirin dan kita kontrol. Itu yang kita cari tahu, coba ditenangin, dicari masalahnya dan dipikirin dengan baik," terang pemuda yang angkat nama lewat sinetron Ganteng-Ganteng Serigala ini.

Dengan kembalinya Aliando Syarief di industri hiburan, pemuda tersebut belajar untuk lebih mengontrol emosi marah. Karena hal itu akan terjadi bila dirinya lepas kendali.

"Emosi tuh bentuknya macam-macam ada marah, ada sedih, nah yang sering muncul itu marah yang nggak gue panggil tiba-tiba menyerang orang-orang dan nggak mau gue rasain. Jadi itu yang gue atur," tutup Aliando.

infografis Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia
Perbesar
Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya