Sukses

Resep Hotteok Isi Selai Kacang untuk Jadi Menu Buka Puasa

Selai kacang memang bukan isian umum untuk hotteok. Tapi, Anda bisa mencoba membuatnya sebagai menu buka puasa yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Mau gorengan yang tidak biasa sebagai menu buka puasa? Anda bisa menjajal membuat hotteok isi selai kacang sebagai sajian alternatif yang menarik.

Hotteok umumnya dikenal memiliki bentuk serupa panekuk. Di negara asalnya, Korea Selatan, hidangan ini banyak ditemui di kawasan pedagang kaki lima dan pasar tradisional. Menurut keterangan yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, jajanan ini sudah ada sejak abad ke-19, dan merupakan kudapan favorit masyarakat Korea di musim dingin.

Selai kacang dalam resep ini sebenarnya bukanlah isian hotteok yang umumnya didapati. Tapi, memanfaatkannya juga bisa jadi ide menarik. Langsung simak resep hotteok isi selai kacang untuk jadi menu buka puasa kreasi SKIPPY, seperti dilansir Jumat (15/4/2022).

Hotteok Isi Selai Kacang

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu protein sedang

50 gram tepung ketan

1 sdt ragi

2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

2 sdm minyak

200 ml susu hangat

150 ml minyak untuk menggoreng

Isian:

100 gram SKIPPY Creamy Peanut Butter

3 sdm gula halus

1 sdm tepung terigu

100 ml susu cair

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

1. Buat isian: Campur semua bahan dan aduk rata hingga jadi pasta. Sisihkan.

2. Campur tepung terigu, tepung ketan, ragi, gula pasir, garam, dan minyak. Aduk rata.

3. Tuang susu, aduk hingga semua bahan tercampur dan bertekstur agak lengket. Diamkan satu jam hingga ukurannya mengembang dua kali lipat.

4. Setelah satu jam, kempiskan adonan. Taruh di atas meja kerja, bagi jadi delapan bagian.

5. Ambil satu adonan hotteok, pipihkan dengan cara ditekan menggunakan jari tangan, beri isian, lalu tutup kembali. Lakukan hingga adonan habis.

5. Panaskan minyak, goreng adonan di atas api kecil selama 30 detik untuk masing-masing sisi. Setelah di balik, tekan adonan supaya berbentuk pipih. Angkat dan sajikan hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.