Sukses

Jelang Lebaran, Pemkot Tangsel Mulai Siapkan Operasi Ketupat

Pemkot Tangsel mendukung penuh Polres Tangsel untuk melakukan Operasi ketupat demi keamanan masyarakat saat Lebaran nanti.

Liputan6.com, Tangerang - Dua pekan jelang Idul Fitri, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) berencana ikut ambil andil dalam Operasi Ketupat 2022.

Pasalnya, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie memprediksi, akan banyak warganya yang akan mudik Lebaran, setelah pemerintah memberlakukan pembatasan selama 2 tahun terakhir akibat Pandemi Covid-19. Benyamin juga mengatakan, Tangsel bukanlah daerah tujuan mudik, sehingga harus ada langkah antisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Maka dari itu, Pemkot Tangsel akan ikut siapkan Operasi Ketupat,''ungkapnya, Kamis (14/4/2022).

Benyamin menegaskan, Pemkot Tangsel mendukung penuh Polres Tangsel untuk melakukan Operasi ketupat demi keamanan masyarakat saat Lebaran nanti. Satuan OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan lainnya, siap bergabung dalam Operasi Ketupat.

Selain itu, Benyamin juga mengimbau seluruh warga yang ingin meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran, harus lapor ke pihak RT setempat. Dan jangan lupa mengamankan rumah dan memastikan seluruh aliran listrik padam, untuk menghindari adanya konsleting listrik.

"Perhatikan keselamatan rumah dan jangan lupa lapor ke RT," kata Benyamin. (Pramita Tristiawati)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Check Point

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Tangerang Kota menyiapkan dua lokasi check point untuk memantau kondisi lalu lintas selama arus mudik dan balik di musim Lebaran 2022.

"Polres Metro Tangerang Kota akan menyiapkan dua lokasi posko check point selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, yakni di wilayah Batuceper dan Jatiuwung," ujar Kepala Satlantas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Joko Sembodo, Selasa (12/4/2022).

Posko check point berada di Jatiuwung dan Batuceper karena wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang dan Jakarta.

"Fokusnya kita siapkan lokasi yang lebih luas di wilayah Jatiuwung karena diprediksi jadi titik lelah bagi pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua. Di lokasi check point Jatiuwung akan kita siapkan rest area kendaraan roda dua dan tempat istirahat," tutur Joko.

 Keberadaan check point yang akan beroperasi selama arus mudik dan balik tersebut juga akan melibatkan unsur Pemerintah Kota Tangerang seperti Dishub-Satpol PP, dan Kodim 0506/Tgr.

"Jadi selama arus mudik dan balik lebaran 2022 tidak ada ada penyekatan lalu lintas. Namun kita hanya bersifat mengawasi,” katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Mudik Gratis

Sebanyak 1.200 tiket mudik gratis disediakan oleh Kementerian Perhubungan untuk warga Kota Tangerang. Calon pemudik sudah bisa mendaftar di Kantor Dishub di Jalan Dr Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

Ada 14 kota keberangkatan yang akan dituju, mulai ke Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo dan lainnya.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengungkapkan, posko akan dibuka selama kuota masih tersedia. Masyarakat yang mau daftar bisa lewat website www.mudikgratishubdat.dephub.go.id dengan mengisi data sesuai yang diminta. Jika sudah berhasil, calon pemudik bisa memproses data validasi di kantor Dishub Kota Tangerang.

"Akan banyak masyarakat yang mengakses website tersebut, dengan itu diimbau untuk terus mencoba sampai ada informasi dari Kemenhub jika kuota sudah penuh. Kami Dishub Kota Tangerang hanya memfasilitasi lokasi posko validasi data dan keberangkatan saja," ungkap Wahyudi, Selasa (12/4/2022).

+

 

4 dari 4 halaman

Berangkat Tanggal 28 April

Dia juga menjelaskan, keberangkatan pemudik gratis ini akan berlangsung pada 28 April mendatang di Terminal Poris Plawad. Dishub pun akan melakukan pengamanan khusus, mulai dari pengecekan protokol kesehatan hingga ram check.

"Dishub akan berusaha memastikan semua kendaraan pemudik dalam keadaan sehat atau aman dan layak digunakan. Sehingga, pemudik dapat pulang kampung dalam keadaan sehat dan aman hingga kota tujuan," kata Wahyudi.

Sementara itu, terlihat di Posko Validasi Mudik Gratis antusias masyarakat silih berganti tak henti. Salah seorang calon pemudik, Nasatul Fikri warga Karawaci mengaku, baru mendaftar online pada Minggu malam dengan kota tujuan Puwokerto.

"Selama saat proses masuk ke website sempat gagal, tapi dicoba beberapa kali alhamdulillah berhasil. Disini prosesnya juga tidak sulit, alhamdulillah saya, istri dan dua anak bisa mudik gratis. Ini membantu banget buat kami, terimakasih," kata Nasatul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.