Sukses

Mudik Lebaran 2022 Diprediksi Ramai, Polresta Banyumas Antisipasi Kemacetan

Satlantas Polresta Banyumas mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022 di sejumlah ruas jalan.

Liputan6.com, Banyumas - Satlantas Polresta Banyumas mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022 di sejumlah ruas jalan utama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Dari pantauan kami secara umum, untuk kondisi jalan semuanya sudah siap meskipun ada beberapa ruas yang masih dalam perbaikan. Kalau perbaikan jembatan Sungai Mengaji sudah selesai," kata Kepala Satlantas Polresta Banyumas Komisaris Polisi Arie Prayitno di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (14/4/2022).

Menurut dia, ruas jalan yang masih dalam proses perbaikan di antaranya Jalan Lingkar Sumpiuh yang ditangani oleh Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN).

Jalan Lingkar Sumpiuh yang dibuka sejak tahun 2016 itu ditujukan untuk mengurai kemacetan di ruas Jalan Raya Sumpiuh (jalur selatan Jateng) karena adanya perlintasan sebidang kereta api.

Sebelum adanya Jalan Lingkar Sumpiuh, kemacetan yang terjadi pada masa lebaran (arus mudik maupun balik, red.) bisa mencapai lebih dari 3 kilometer terutama saat ada kereta api yang melintas.

Sementara Jalan Lingkar Ajibarang difungsikan untuk mengurai kemacetan di ruas jalan nasional Brebes-Ajibarang-Wangon yang menghubungkan jalur pantura dengan jalur tengah maupun jalur selatan Jateng.

Saat arus mudik lebaran, kendaraan dari arah pantura dengan tujuan Kebumen/Yogyakarta akan dibelokkan ke arah Jalan Lingkar Ajibarang menuju jalur selatan Jateng di Wangon, sedangkan kendaraan dengan tujuan Purwokerto/Banjarnegara/Wonosobo tetap berada di jalur utama untuk menuju jalur tengah Jateng dengan melewati Purwokerto/Banyumas.

"Perbaikan Jalan Lingkar Ajibarang ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas karena merupakan ruas jalan kabupaten," kata Kompol Arie.

Lebih lanjut, dia mengatakan pemudik dari wilayah Jabodetabek yang hendak ke Purwokerto dan sekitarnya melalui Jalan Tol Trans Jawa, disarankan untuk keluar lewat Pemalang menuju ke arah Purbalingga.

Dengan melewati jalur Pemalang-Purbalingga, pemudik akan lebih cepat sampai di Purwokerto jika dibandingkan keluar tol di Pejagan dan selanjutnya melewati jalur Brebes-Ajibarang.

Sementara bagi pemudik dari arah Bandung yang melintasi jalur selatan Jateng, pihaknya mengimbau untuk berhati-hati saat melintasi ruas jalan Lumbir-Wangon, Banyumas, karena kondisinya berkelok dan ada beberapa titik yang rawan longsor.

"Kalau untuk arus balik, kami menyarankan beberapa rute yang dapat digunakan saat arus balik ke Jakarta. Pertama, pemudik dari arah Yogyakarta ketika sampai di simpang Buntu atau Kemranjen disarankan berbelok ke utara menuju Tol Pemalang melalui jalur Banyumas-Purbalingga," kata Kasatlantas.

 

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Selatan

Ia mengatakan pemudik dari arah Yogyakarta juga bisa menuju Jakarta melalui jalur selatan Jateng agar terhindar kemacetan di ruas jalan Ajibarang-Brebes.

Dalam hal ini, pemudik yang hendak ke Jakarta melalui jalur selatan disarankan untuk mengambil arah atau rute Lumbir-Majenang-Banjar-Bandung ketika sampai di Wangon.

"Sebenarnya ketika sampai di Wangon bisa saja mengambil arah Ajibarang kemudian menuju Tol Pejagan. Tapi ini tidak disarankan karena di wilayah Brebes kan banyak objek," katanya.

Ia mengatakan kemacetan yang biasa terjadi di ruas jalan Ajibarang-Brebes pada masa arus balik lebaran itu disebabkan adanya sejumlah persimpangan jalan menuju objek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat, salah satunya Waduk Penjalin di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Pertemuan arus kendaraan dari atau menuju objek wisata dengan arus kendaraan pemudik itu mengakibatkan terjadinya kemacetan di ruas jalan Ajibarang-Brebes pada masa arus balik.

"Oleh karena itu, kami akan fokus pada penguraian kemacetan dan kepadatan arus kendaraan serta pengaturan lalu lintas di jalan raya pada masa arus mudik hingga arus balik Lebaran 2022," kata Kompol Arie.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.