Sukses

Tips Latihan Basket Selama Puasa Ramadan dari Pemain Dewa United

Wendha tetap berlatih mandiri meski menjalani ibadah puasa. Berikut tips tetap bisa latihan selama berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Ibadah puasa Ramadan 2022 sudah berjalan kurang lebih 10 hari. Meski berpuasa, pebasket Dewa United, Wendha Wijaya masih tetap rajin latihan. Wendha pun berbagi tips agar puasa tak terganggu meski main basket jalan terus.

Sosok yang karib disapa Pak We itu menuturkan jika puasa bukan menjadi halangan baginya untuk tetap berlatih. Dia mengakui jika semua itu bisa diatasi dengan manajemen yang tepat antara latihan, istirahat, serta asupan makanan.

"Yang pasti puasa Ramadan ini kan kegiatan dikurangi, termasuk latihan. Biasanya saya kalau porsi latihan dua jam penuh, dikurangi menjadi satu jam cukup lah. Latihan juga kalau sudah dirasa sudah capek, kita istirahat dulu," kata Pak We yang kini berusia 39 tahun.

"Istirahat dan asupan makanan serta nutrisi juga penting. Karena kalau istirahat kurang dan asupan makanan tidak baik, tentunya juga tidak akan maksimal. Biasanya saya latihan satu jam sebelum berbuka puasa, dan istirahat sekitar jam 9 malam. Selain itu saya minum vitamin dan suplemen makanan, perbanyak juga buah dan sayur supaya banyak serat," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan Mandiri

Saat ini, para pemain Dewa United Surabaya pun sedang menjalani latihan mandiri usai rampung musim reguler IBL 2022. Wendha mengatakan jika latihan mandiri memiliki tantangan tersendiri, terutama di bulan puasa.

Untuk itu, dirinya pun menyiasati dengan membagi menu latihan mandiri yang biasa dijalaninya setiap hari. Di mana menu latihan itu dibagi menjadi latihan fisik dan juga latihan skill.

"Paling supaya enggak hilang sentuhan dan skill, saya latihan menembak dan dribble. Kalau buat latihan fisik saya push up, sit up, dan skipping biar jaga fisik tetap oke," tutur Wendha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.